Teroris MIT yang Menyerahkan Diri di Morowali Ternyata Pendukung ISIS, Sudah 2 Kali Ikut Pelatihan
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Satu teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berinisial MRW yang menyerahkan diri ternyata pendukung Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Sebab, dari hasil pemeriksaan dia sudah berbait kepada pimpinan kelompok teroris internasional tersebut.
 
"Yang bersangkutan berbaiat kepada Amir (Ketua, red) ISIS," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu, 19 Mei.
 
Dari hasil pemeriksaan pun terungkap tersangka MRW sudah mengikuti beberapa kali pelatihan atau idad. Namun, belum dirinci perihal lokasi dan waktu idad tesebut.
 
"Melakukan idad sebanyak dua kali," kata Ramadhan. 
 
MRW menyerahkan diri di Desa Bahoea Reko, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, pada Rabu, 18 Mei. Hingga kini belum dirinci alasan di balik keputusan MRW menyerahkan diri ke polisi.
 
Dengan aksi menyerahkan diri MRW, total sementara ada 25 orang yang sudah diamankan.
 
Untuk 24 tersangka, mereka ditangkap di beberapa lokasi, antara lain, 22 orang ditangkap di Sulteng, satu orang di Bekasi dan satu lagi di Kalimantan Timur. Penangkapan berlangsung pada Sabtu, 14 Mei 2022.
 

 
Identitas para tersangka teroris itu antara lain, MIR, BSS, ETO, MB, IS, FM, TT, SH, H, AWS. Lalu, DRM, TL, AMW, MN, EA, DM, S, RK, LY, RK, ISR, MAM, K, FS.