24 Tersangka Teroris Kelompok MIT Ternyata Pendukung ISIS
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyebut 24 tersangka teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) merupakan pendukung Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Mereka telah berbaiat dengan kelompok teroris internasional tersebut.

"Terhadap 24 tersangka teroris yang merupakan kelompok MIT Poso yang juga merupakan pendukung ISIS," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 17 April.

Dalam baiat itu, mereka bersumpah mendukung pimpinan ISIS baru yakni, Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurashi. Hanya saja, belum dijelaskan secara gamblang sejak kapan mereka menjadi pendukung kelompok ISIS.

Dari hasil rangkaian pemeriksaan, kata Ramadhan, puluhan tersangka teroris itu diketahui sudah ikut serta dalam proses idat atau pelatihan di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

"Telah melakukan kegiatan baiat kepada amirul mukminin, dimana kita ketahui organisasi isis sudah memiliki pemimpin yang baru," ungkap Ramadhan.

Identitas para tersangka teroris itu antara lain, MIR, BSS, ETO, MB, IS, FM, TT, SH, H, AWS. Lalu, DRM, TL, AMW, MN, EA, DM, S, RK, LY, RK, ISR, MAM, K, FS

Ada pun sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 24 tersangka teroris Kelompok MIT Poso, Sabtu, 14 Mei 2022.

Lokasi penangkapan tersebar di beberapa tempat. 22 orang ditangkap di Sulteng, 1 orang di Bekasi dan 1 lagi di Kalimantan Timur.