Gerindra Lebih Pilih Kasetpres Heru jadi Pj Gubernur Pengganti Anies Baswedan Dibanding Calon Lain
Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Mohamad Taufik menilai sosok yang paling tepat untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta yang akan menggantikan Anies Baswedan adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.
 
Syarat mutlak menjadi Pj Gubernur yang ditentukan Kementerian Dalam Negeri adalah pejabat pimpinan tinggi madya atau eselon I.
 
Namun, Taufik memiliki kriteria tambahan khusus Pj Gubernur DKI. Di antaranya adalah memahami persoalan Jakarta, memiliki kedekatan dengan Presiden, dan punya komunikasi yang baik dengan anggota legislatif.
 
Bagi Taufik, Heru paling pantas menjabat Pj Gubernur DKI. Mengingat, Heru pernah menjadi pejabat Pemprov DKI sejak tingkat bawah hingga kepala badan tingkat provinsi, serta memenuhi kriteria lainnya.
 
"Pemahaman soal DKI tidak diragukan. Kedua, sudah pasti punya kedekatan dengan Presiden karena Heru dibawa (menjabat Kasetpres) dibawa oleh Jokowi. Ketiga, ketika menjabat di DKI dia punya komunikasi baik dengan legislatif dan itu saya rasakan. Keempat, punya kompetensi. Saya rasa tidak diragukan," kata Taufik saat dihubungi, Selasa, 17 Mei.
 
Sementara, terhadap sosok lain yang juga dikabarkan masuk dalam bursa Pj Gubernur DKI, yakni Sekretaris Daerah DKI Marullah, Taufik memandang ada kritaria yang tak terpenuhi.
 
"Kita lihat Marullah. Syarat pertama yakni pejabat pemda, oke, dia penuhi. Syarat kedua (kedekatan dengan Jokowi), dia enggak penuhi. Ketiga, dia baru komunikasi dengan dewan setelah jadi Sekda," ungkap Taufik.
 
Kemudian, jika melihat sosok lainnya yakni Deputi IV Kantor Staf Presiden, Juri Ardiantoro, Taufik menila Juri belum punya pengalaman mengurusi Jakarta.
 
 
"Juri paham soal Jakarta tapi tidak punya pengalaman soal DKI. Soal kedekatan (dengan Presiden), Juri juga dekat, tapi saya kira tidak sedekat Heru," tutur Taufik.
 
"Kalau merujuk kriteria yang saya sebutkan tadi, itu pandangan saya, saya kira yang paling dekat (cocok menjadi Pj Gubernur DKI) itu Heru," lanjut dia.