Massa di Gambir Bakar <i>Road Barrier</i> di Tengah Jalan
Massa di Gambir (Achmad/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kumpulan massa masih terpantau di dekat RS Budi Kemuliaan, Gambir, Jakarta Pusat. Massa membakar road barrier di tengah jalan.

Pantauan VOI, sekitar pukul 19.15 WIB, Selasa, 13 Oktober, massa mengumpulkan road barrier di sekitar lokasi. Mereka mengumpulkannya di tengah jalan lalu dibakar. 

Jalur ini masih bisa dilintasi kendaraan. Sejumlah remaja tampak berkerumun di lokasi ini. 

Massa di Gambir (Achmad/VOI)

Kericuhan sebelumnya terjadi di kawasan Patung Kuda. Massa kebanyakan remaja ini dipukul mundur hingga berpencar ke arah Tanah Abang dan Kebon Sirih.

Kericuhan kemudian berlanjut ke Tugu Tani. Polisi membubarkan massa yang membakar ban di tengah jalan dengan tembakan gas air mata.

Terkait kericuhan di Jakarta hari ini, Polda Metro Jaya menangkap 500 perusuh selama aksi unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di Jakarta. Ratusan orang yang ditangkap dari beberapa tempat diduga kelompok anarko.

"Sampai saat ini sekitar 500 orang yang kita tangkap termasuk anarko yang ada di wilayah," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana kepada wartawan, Selasa, 13 Oktober.

Dari ratusan massa perusuh yang diamankan, sambung Nana, kebanyakan merupakan pelajar. Mereka disebut sempat merusak beberapa fasilitas umum.

"Anak-anak pelajar ini yang seharusnya mereka belajar malah mengikuti aksi ini harus nya tidak boleh. (yang dirusak) Hanya sedikit ya hanya pembatas jalan saja tadi. Tidak ada perusakan fasilitas umum," sambungnya.