Bagikan:

JAKARTA - Massa buruh dari berbagai elemen yang masih bertahan di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, membakar spanduk-spanduk yang bergambar Presiden Joko Widodo.

Pantaun di lokasi massa buruh pada pukul 17.48 WIB mulai membakar spanduk bergambar Joko Widodo, gambar Hakim MK dan Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Setelah membakar itu, massa buruh mulai menyalakan petasan flare. Tak hanya itu mereka juga membakar water barrier di lokasi tersebut.

Setelah berjalan beberapa menit, massa itu berangsur meninggalkan kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 50 ribu massa serikat pekerja dari berbagai daerah bakal padati Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Mereka berkumpul untuk berdemonstrasi dalam memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day.

“50.000 orang akan bergerak menuju ke kawasan Glora Bung Karno, lebih tepatnya mengadakan May Day pesta di stadion madya Senayan,” kata Presiden Partai Buruh, Said Iqbal kepada wartawan di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Mei.

“Kurang lebih sekitar 30 ribu-40 ribu massa aksi akan bertahan di sana,” sambungnya.

Said Iqbal menuturkan bahwa pihaknya menuntut pencabutan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja dan penghapusan outsourching atau penolakan upah murah.

"Dua isu tersebut yang menjadi persoalan buruh dalam lima tahun terakhir," ucapnya.