Mangkir Rapat Paripurna Anggaran, Temui Warga Terdampak Kebakaran, Anies Disemprot Legislator Golkar: Jangan Pentingkan Pencitraan!
Rapat Paripurna di DPRD DKI (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Basri Baco menyayangkan ketidakhadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta pada hari ini.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna mengenai hasil pembahasan DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2021.

Namun, Anies lebih memilih untuk mengunjungi lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, serta menemui warga terdampak.

Sementara, kehadiran pihak eksekutif dalam rapat paripurna mengenai capaian pendapatan dan pembelanjaan anggaran diwakilkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta. Anies juga absen dalam beberapa rapat paripurna mengenai pembahasan anggaran ini.

"Saya mengamati beberapa paripurna Pak Gubernur tidak pernah hadir, selalu diwakili oleh Pak Wakil Gubernur terus. Padahal berhentinya Gubernur dan Wakil Gubernur bersamaan kalau tidak salah di bulan Oktober nanti," kata Baco dalam interupsi rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin, 25 April.

Padahal, legislator Golkar ini memandang Anies perlu hadir langsung agar lebih mengetahui kebutuhan masyarakat Jakarta yang disampaikan oleh penyerapan aspirasi para anggota dewan untuk dipenuhi oleh Pemprov DKI.

"Pesan keras Buat Pak Gubernur, buat Pak Wakil Gubernur, dan untuk eksekutif, tolong jangan pentingkan kepentingan yang pencitraan diri sendiri. Pikirkanlah nasib rakyat Jakarta," cecar Baco.

Karenanya, Baco meminta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria untuk menyampaikan apa yang disampaikan DPRD dalam rapat paripurna ini kepada Anies.

Diketahui, pagi ini Anies mendatangi lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Ia menemui warga yang tengah mengungsi karena tempat tinggalnya dilalap api malam tadi.

Kedatangan Anies disambut antusias dengan warga. Beberapa warga mengucapkan terima kasih karena merasa diperhatikan secara langsung oleh Anies. Bahkan, sempat ada yang meneriakkan Anies "presiden" saat berkeliling ke lokasi kebakaran.