Temui Korban Kebakaran Pasar Gembrong, Anies Siapkan Kios Pengganti Hingga Bantuan Modal, Terdengar Teriakan 'Presiden'
Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto via Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Ia menemui warga yang tengah mengungsi karena tempat tinggalnya dilalap api malam tadi.

Kedatangan Anies disambut antusias dengan warga. Beberapa warga mengucapkan terima kasih karena merasa diperhatikan secara langsung oleh Anies. Bahkan, sempat ada yang meneriakkan Anies "presiden" saat berkeliling ke lokasi kebakaran.

Kepada para pedagang yang kiosnya terbakar, Anies berjanji akan menyiapkan kios pengganti yang letaknya tak jauh dari Pasar Gembrong.

"Kepada para pedagang yang ada di sekitar sini, karena ini kawasan Pasar Gembrong, mereka disiapkan tempat berjualan di kawasan pasar, tidak jauh dari sini. Ada 40 kios yang disiapkan dan jumlah pedagangnya juga 40 ya yang terdampak. Jadi, insyaallah bisa langsung disiapkan di situ," ucap Anies di lokasi, Senin, 25 April.

Anies juga mengungkapkan Pemprov DKI akan memberikan modal kepada warga dan pedagang yang terdampak kebakaran. Hal ini untuk membantu mereka kembali mendapat penghasilan menjelang akhir Ramadan, yang mana saat ini perputaran perekonomian sedang tinggi.

"Plus diberikan bantuan modal kerja utk mereka yg terdampak agar mereka punya bekal modal awal utk memulai lagi. Jadi, kami, Pemprov DKI tidak akan membiarkan warga sendirian dalam menghadapi musibah ini. Kami akan dampingi, bantu, dan kami akan pastikan semua yang dibutuhkan bisa diberikan," urainya.

Saat ini, Pemprov DKI menyiapkan tenda pengungsian sementara dan memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, minum, hingga pakaian agar warga terdampak kebakaran tidak telantar.

Lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga kembali menyiapkan dokumen kependudukan warga yang untuk mengganti dokumen yang telah terbakar.

Sebanyak 400 bangunan terbakar di kawasan Pasar Gembrong, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat, RT 04/01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Minggu, 24 April malam.

Kobaran api menghanguskan rumah-rumah dan kios mainan milik warga yang ada di kawasan itu. Api baru dapat dikuasai pada Minggu 24 April sekitar pukul 23.00 WIB dengan luas area yang terbakar 1200 meter persegi di 5 RT Kelurahan Cipinang Besar Utara.

Dari hasil penyelidikan petugas, kebakaran berasal dari adanya korsleting listrik dari salah satu rumah warga berinisial R di lantai dua rumahnya. Percikan api kemudian merambat dan meluas ke rumah-rumah lainnya sehingga terjadi kebakaran besar.