Anies Mangkir Lagi Rapat Paripurna Anggaran Bersama DPRD, PDIP: Sama Saja Anggap Warga Jakarta Tidak Penting
DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan absen dalam rapat paripurna hasil pembahasan DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2021 yang digelar di gedung DPRD DKI.

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak memandang, ketidakhadiran Anies dalam rapat paripurna LKPJ dan rapat paripurna soal penggunaan anggaran beberapa kali sebelumnya menunjukkan Anies menganggap warga Jakarta tidak penting.

Sebab, dalam rapat paripurna ini, DPRD juga menyampaikan penyerapan aspirasi warga yang perlu dituangkan dalam program Pemprov DKI.

"Rapat paripurna ini kan peristiwa strategis dan penting. Sebenarnya, ketika beliau tidak hadir, sama saja Pak Anies menyepelekan warga Jakarta, menganggap warga Jakarta tidak penting. Karena, anggota DPRD melalui proses pemilu dari warga Jakarta menginginkan dan memilih," kata Jhonny di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 25 April.

Jhonny menegaskan bahwa agenda penyampaian LKPJ tahun anggaran 2021 ini merupakan pertanggungjawaban Anies kepada warga Jakarta dalam representasi penggunanaan hingga pencapaian APBD.

Namun, sayangnya Anies Anies lebih memilih untuk mengunjungi lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, serta menemui warga terdampak.

Kehadiran pihak eksekutif dalam rapat paripurna mengenai capaian pendapatan dan pembelanjaan anggaran diwakilkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Padahal, jika ingin menemui masyarakat yang terdampak kebakaran, lanjut Jhonny, Anies bisa datang ke lokasi tak lama setelah rapat paripurna berakhir, bukan datang pada waktu bersamaan dengan rapat.

"Ini adalah cerminan arogansi seorang pemimpin yang dia tidak fokus lagi, dia anggap sepele pokoknya warga Jakarta tidak penting karena tidak hadir di rapat paripurna. Padahal, setelah pembacaan (LKPJ) ini pun, beliau bisa datang ke sana (lokasi kebakaran)," ungkap Jhonny.

"Lagipula kan Pak Anies punya perangkat, jajaran, dinas-dinas. Sebenarnya yang hadir kepala dinas dan bantuan disalurkan itu, sudah cukup," lanjutnya.

Diketahui, pagi tadi Anies mendatangi lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Ia menemui warga yang tengah mengungsi karena tempat tinggalnya dilalap api malam tadi.

Kedatangan Anies disambut antusias dengan warga. Beberapa warga mengucapkan terima kasih karena merasa diperhatikan secara langsung oleh Anies. Bahkan, sempat ada yang meneriakkan Anies "presiden" saat berkeliling ke lokasi kebakaran.