Puji Dukungan Politik dan Militer Ankara, Wali Kota Kyiv Klitschko: Turki Terbukti Teman Sejati Ukraina
Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko. (Sumber: kyivcity.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan juara dunia tinju kelas berat yang kini menjadi Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan, Turki telah membuktikan teman sejati Ukraina di masa-masa sulit seperti saat ini.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA) dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Jumat, Vitali Klitschko mengatakan dia berterima kasih kepada Turki atas dukungan yang diberikan kepada negaranya di tengah invasi Rusia.

"Kita bisa melihat siapa teman sejati Ukraina di masa-masa sulit ini," katanya, seperti dikutip dari Daily Sabah 16 April.

Terlepas dari kenyataan bahwa tentara Ukraina mendapatkan kembali kendali atas wilayah Kyiv pada awal April, langkah-langkah keamanan yang ketat terus berlanjut di ibukota dan wilayah sekitarnya.

Dia menunjukkan, Ukraina telah melalui masa-masa sulit karena serangan Rusia dan bahwa, bantuan internasional sangat penting bagi negaranya pada periode ini.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua negara, baik negara Eropa atau negara tetangga, yang telah mengambil pendekatan positif terhadap Ukraina, untuk mendukung perdamaian," ujar Klitschko.

Menggarisbawahi fakta bahwa Ukraina dan rakyatnya mendukung perdamaian dan tidak menyerang siapa pun, Klitschko mengatakan negaranya selalu mendukung perdamaian.

"Ukraina selalu menjadi negara pendukung perdamaian. Rakyat Ukraina tidak bertindak agresif terhadap siapa pun, tetapi ketegangan militer berlanjut hari ini. Sementara serangan udara melawan kota-kota dan warga sipil kami terus berlanjut, kami tidak punya pilihan lain selain membela negara kami," paparnya.

Menekankan bahwa negaranya bertujuan untuk menjaga perdamaian, Klitschko berterima kasih kepada semua orang yang mendukung pemulihan perdamaian di Ukraina.

Ukraina membutuhkan bantuan kemanusiaan, medis, militer dan politik, katanya, seraya menambahkan: "Kami tidak hanya membela keluarga kami sendiri, rumah kami, negara kami dan situasi ekonomi di Ukraina, tetapi juga prinsip-prinsip yang didukung oleh semua negara demokratis.

Mengekspresikan bahwa ia secara khusus ingin berterima kasih kepada Turki di antara negara-negara yang mendukung negaranya, Klitschko mengutarakan: "Kami sangat berterima kasih kepada Turki atas dukungannya di bidang politik dan militer, ini sangat penting. Kita bisa melihat siapa teman sejati Turki. Ukraina di masa-masa sulit ini."