Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau proses pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Di lokasi, Riza menyebut proses pengaspalan sirkuit akan selesai satu minggu lagi. Saat ini, tengah dikerjakan pengaspalan lapis kedua.

"Saya sedang mengunjungi sirkuit FE yang satu minggu lagi selesai pengaspalannya," kata Riza dalam video yang diuggah pada akun instagram arizapatria, Kamis, 7 April.

Riza mengatakan pembangunan grand stand dan landscape kawasan sirkuit akan selesai pada 28 April 2022. Kemudian, pemasangan tribun penonton akan dilakukan usai hari raya Idulfitri.

"Insyaallah persiapannya sudah sangat baik. Mari kita dukung dan kita doakan semoga sirkuit ini yang dibuat secara permanen bisa selesai sesuai waktu dan memenuhi standar yang diminta," ujar Riza.

Sementara itu, Manajer Operasi Formula E Jakarta

Nuno Fernandez mengklaim pengerjaan sirkuit Formula E di Jakarta paling cepat di bandingkan gelaran Formula E pada negara lain.

"Poyek sirkuit ini, sampai saat ini, yang paling tercepat dibangun di dunia dengan trek permanen hanya 60 hari dari awal pembangunan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, seluruh pembangunan sirkuit Formula E dan sarana lainnya ditargetkan akan selesai pada awal bulan Mei mendatang.

Berdasarkan keterangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), pembangunan sirkuit sedikit molor beberapa hari karena kendala cuaca. Pembangunan sirkuit itu sendiri dimulai sejak 3 Februari 2022.

Bentuk trek Formula E disebut mirip seperti kuda lumping. Lalu, lokasi Jakarta International E-Prix Circuit ini memiliki 18 tikungan, 600 meter panjang trek lurus, arah lintasan searah jarum jam, dan panjang lintasan 2,4 kilometer.

Setelah selesai dibangun, sirkuit akan ditinjau dan diuji coba oleh FEO selaku pemegang lisensi Formula E. Sampai akhirnya, Formula E akan resmi digelar di Ancol pada 4 Juni 2022.