Kawasan Ancol Tetap Buka Selama Ramadan, Cek di Sini Soal Jam Operasional
Taman Impian Jaya Ancol tetap buka selama Ramadan 2022. (Foto: Instagram @ancoltamanimpian)

Bagikan:

JAKARTA - Taman Impian Jaya Ancol dipastikan tetap beroperasi selama Ramadan 1443 Hijriah. Namun, ada sejumlah penyesuaian mengingat pandemi COVID-19 masih mengintai.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Budi Aryanto mengatakan, seluruh unit rekreasi membuka 75 persen dari kapasitas maksimalnya. Kebijakan ini untuk menjaga protokol kesehatan bagi pengunjung selama Ramadan.

"Kami senang bisa tetap melayani pengunjung di Ramadan kali ini. Kami harap Ancol bisa menjadi tempat untuk berbagi kegembiraan dan kebahagiaan di bulan penuh berkah ini," ujar Budi, seperti dinukil Antara, Sabtu, 2 April.

Manajemen Ancol juga masih menerapkan mekanisme pembelian tiket hanya bisa melalui daring. Selain untuk mengurangi risiko penularan COVID-19, aturan itu juga merupakan bentuk transformasi digital dalam transaksi pembayaran yang dilakukan manajemen Ancol.

Pengunjung bisa melakukan pemesanan dan pembayaran secara langsung melalui situs jejaring www.ancol.com atau bisa juga melalui aplikasi Ancol Apps. Selama Ramadan 2022, Ancol menawarkan kepada pengunjung yang membeli dua tiket masuk mendapatkan promo khusus mulai dari Rp40.000.

Mengingat adanya pembatasan kapasitas sebesar 75 persen, pengunjung dianjurkan untuk memesan tiket beberapa hari sebelum kunjungan secara daring. Pengunjung juga wajib memindai stiker kode batang (bar code) untuk check in melalui aplikasi PeduliLindungi saat akan memasuki pintu gerbang Ancol.

Hanya pengunjung dengan status kategori warna hijau atau telah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 yang diperbolehkan masuk ke kawasan Ancol, terkecuali pengunjung yang belum bisa menerima vaksin karena alasan kesehatan.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun tetap bisa berwisata di Ancol dengan syarat wajib didampingi orang tua yang memiliki status hijau. Selain itu, khusus anak dengan rentang usia 6-12 tahun, saat ini wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Pengunjung tetap diwajibkan menjalankan prokes sesuai dengan ketentuan yaitu menggunakan masker yang sesuai dengan rekomendasi pemerintah, menjaga jarak serta mencegah terjadinya kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan sabun ataupun "hand sanitizer".

Berikut ini adalah jam operasional destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol beserta unit rekreasi yang terdapat di dalamnya selama Ramadan 2022:

  • Kawasan Taman dan Pantai: 06.00 - 21.00 WIB
  • Pintu Gerbang Ancol: 06.00 - 20.00 WIB
  • Dunia Fantasi: 10.00 - 17.00 WIB
  • Sea World Ancol: 09.30 - 16.00 WIB
  • Ocean Dream Samudra: 09.30 - 16.00 WIB
  • Allianz Ecopark: 06.00 - 17.00 WIB
  • Atlantis Water Adventures: 08.30 - 15.30 WIB (hanya Sabtu, Minggu, libur nasional)
  • Faunaland Ancol: 09.00 - 17.00 WIB
  • Gondola Ancol: 11.00 - 17.00 WIB