Hotel di Mangga Dua dan Mangga Besar Sudah Dibuka untuk Isolasi Pasien COVID-19
Ilustrasi (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Fify Mulyani menyebut hotel di Jakarta Utara dan Jakarta Barat sudah dibuka dan dipakai untuk isolasi pasien COVID-19 kategori orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan.

Fify menyebut, penyediaan tempat isolasi COVID-19 di hotel untuk menambah kapasitas isolasi pasien di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kementerian Pariwisata menyiapkan hotel untuk isolasi mandiri dan menjadi bumper flat isolasi di Kemayoran. Rencananya ada 18 hotel, baru running 2," kata Fify dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin, 28 September.

Adapun hotel yang disiapkan untuk isolasi pasien COVID-19 adalah hotel Ibis Style Mangga Dua, Jakarta Utara yang bisa menampung 212 pasien, dan U Stay Mangga Besar, Jakarta Barat yang bisa menampung 140 pasien.

"Hotel Ibis Style untuk (menampung pasien domisili) wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur. Sedangkan U Stay untuk wilayah Jakarta Barat dan Selatan," jelas Fify.

Dua hotel untuk isolasi pasien COVID-19 ini, kata Fify, sudah menampung pasien sejak hari Minggu, 27 September kemarin. Pasien tidak dikenakan biaya perawatan di hotel tersebut.

"Ini sebenarnya cadangan dari flat isolasi mandiri kemayoran dan secara prosedurnya juga sama dan memang biaya ditanggung pemerintah pusat," ungkap Fify.

Adapun persyaratan agar pasien OTG bisa isolasi di hotel bintang 2 dan 3 ini sama seperti prosedur isolasi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pertama, masyarakat yang ingin isolasi di hotel harus memiliki surat yang menyatakan dirinya positif COVID-19.  

Mereka juga mesti memiliki surat rujukan dari puskesmas setempat. Syarat ini akan memudahkan koordinasi dalam pendataan kapasitas tempat tidur isolasi mana yang tersedia.

Kemudian, perlu menunjukkan surat keterangan dari puskesmas yang menyatakan pasien tersebut tidak mampu untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Selain itu, kasus OTG yang akan diisolasi di hotel merupakan pasien yang mampu melakukan kegiatan sehari-hari tanpa dibantu orang lain.