Sembilan WNI yang Terjebak di Chernihiv Berhasil Dievakuasi ke Polandia, Menlu Retno: Alhamdulillah
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (Sumber: Kementerian Luar Negeri)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno memastikan sembilan warga negara Indonesia yang terjebak di Chernihiv, Ukraina, berhasil di evakuasi ke Polandia pada Hari Jumat.

"Alhamdulillah, setelah melalui upaya sangat keras dan cukup lama, kita berhasil mengevakuasi sembilan WNI dari Chernihiv," ujar Menlu Retno dalam keterangan pers virtual Jumat 18 Maret malam.

Dikatakannya, seluruh proses yang dilalui sangat keras, cukup lama dan sangat tidak mudah. Selama 22 hari upaya mengevakuasi dari chernihiv terus dilakukan.

"Hari ini mereka berhasil dievakuasi lewat kyiv, Lviv kemudian menyeberang ke Polandia. Total perjalan 15 jam dari Chernihiv ke Lviv, terus mengantre panjang di perbatasan Ukraina-Polandia," papar Menlu Retno.

"Saat ini mereka masih berada di dalam mobil dalam perjalanan bersama Direktur Perlindungan WNI Kemlu. Setiba di Warsawa, akan menjalani pemeriksaan kesehatan, sebelum kembali menuju Indonesia pada 20 maret pakai pesawat komersil," pungkas Menlu Retno.

Dengan evakuasi hari ini, total 133 WNI di Ukraina berhasil dievakuasi. Sementara, 23 lainnya memilih menetap karena menikah dengan warga negara Ukraina dan sembilan lainnya merupakan staf esensial KBRI Kyiv yang saat ini beroperasional dari Lviv.