<i>Breaking News!</i> Pesawat yang Angkut Puluhan WNI dari Ukraina Akhirnya Tiba di Tanah Air
Ilustrasi pesawat terbang (Photo by Shams Alam on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Roda Garuda Indonesia itu mendarat mulus di landasan bandara. Semuanya bergembira. Bagaimana tidak, di dalamnya ada puluhan warga negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya sudah berhasil dievakuasi dengan aman dari Ukraina.

Sebagai informasi, Duta Besar dan staf KBRI di Ukraina masih terus bertahan di Kyiv. Pesawat Garuda ini mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 17.10 WIB diterbangkan dari Rumania.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri berhasil mengevakuasi 99 WNI dari Ukraina di dua lokasi aman di Rumania dan Polandia. Termasuk lima WNA yang menjadi keluarga dari WNI.

"99 WNI sudah keluar dari Ukraina, sekali lagi, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri. Dan saat ini mereka sudah berada di dua titik aman, yaitu di Bucharest, Rumania dan di Rzeszow, Polandia," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa 1 Maret kemarin.

Lebih jauh Menlu Retno menerangkan, langkah selanjutnya yaitu mengambil jalur udara, untuk menjemput para WNI yang berada di dua titik tersebut, dengan rencana tersebut sedang terus dimatangkan.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa WNI yang dievakuasi dari Rumania (Tangkap layar via Metro TV)

 

"Jadi sekali lagi, setelah para evakuasi aman di dua titik tersebut, maka langkah selanjutnya adalah penjemputan dengan pesawat untuk kembali ke Indonesia," terang Menlu Retno.

Kemudian, ada 24 WNI yang memilih bertahan di Ukraina lantaran telah menikah dengan warga setempat. Sementara, 13 WNI lainnya, empat di Kharkiv dan sembilan di Chernihiv masih belum dapat dievakuasi, lantaran masih terjadinya pertempuran darat.