Paskhas Kawal WNI dari Ukraina Ketika Garuda Indonesia Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta
WNI dari Ukraina yang sudah tiba di tanah air dikawal Prajurit TNI AU (Tangkap layar via Metro TV)

Bagikan:

JAKARTA - pasukan elite TNI Angkatan Udara (AU) Korps Pasukan Khas (Paskhas) yang sudah berubah jadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), mengawal seluruh WNI dari Ukraina yang kini sudah tiba di tanah air.

Penerbangan khusus Garuda Indonesia GA 7720 tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 17.10 WIB. Pesawat ini terbang dari Bandar Udara Internasional Henri Coandă, Rumania. Tim penjemput ada juga unsur BIN.

Ketika pesawat ini mendarat, Paskhas bersenjata lengkap tampak sudah berjaga di bibir pintu pesawat.

Sejurus kemudian, tangga yang digunakan untuk seluruh penumpang turun, terpasang. Paskhas kembali berjaga di bawah.

Lalu ketika WNI pertama turun, seorang wanita dan anak kecil, seorang Paskhas juga ikut mengawal mereka. Bahkan Paskhas ini juga ikut membantu membawa barang-barang milik WNI tersebut.

Pesawat ini membawa 80 WNI dan tiga WNA yang merupakan bagian dari keluarga WNI itu mendarat dengan selamat.

"Ada 14 evacue yang masih harus tinggal di Bukarest belum dapat ikut dalam kepulangan ini," kata Menlu Retno dalam jumpa persnya, Kamis 3 Maret.

Tim penjemput yang terdiri dari TNI AU, BIN dan perwakilan Garuda Indonesia berangkat menuju Bukares pada Selasa 2 Maret pukul 18.40 WIB.

Tiba di Bandar Udara Internasional Henri Coandă, Rumania 3 Maret pukul 15.10 waktu setempat. Lalu pesawat ini terbang kembali ke Indonesia pukul 20.23 waktu setempat.