Semua Klub Sepak Bola dan Timnas Rusia di Gim FIFA 22 Dihapus EA Sport
Foto via Twitter @EASPORTSFIFA

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah invasi Rusia ke Ukraina, Electronic Arts Inc (EA.O) memutuskan menghapus tim nasional Rusia dan semua klub sepak bola Rusia dari gim mereka, FIFA 22.

"EA Sport berdiri dalam solidaritas dengan orang-orang Ukraina dan seperti banyak suara di seluruh dunia sepak bola, seruan untuk perdamaian dan akhir invasi Rusia," tulis EA Sport FIFA dalam keterangannya di twitter.

Perusahaan juga mengatakan akan menghapus tim Rusia dari NHL 22. Langkah EA ini datang beberapa hari setelah FIFA menangguhkan tim dan klub nasional Rusia. NHL juga mengatakan tidak akan lagi mempertimbangkan negara sebagai lokasi kompetisi NHL nantinya.

Nike telah memutuskan hubungan dengan Rusia. Negara-negara barat pun telah memberlakukan sanksi, termasuk menutup beberapa bank Rusia dari jaringan keuangan global SWIFT.

Secara terpisah pada Rabu 2 Maret, Motorsport Games Inc mengatakan bahwa sanksi terhadap Rusia sebagai tanggapan terhadap invasi yang dilakukan negara tersebut adalah menunda perilisan judul gim balap di masa yang akan datang.

Melansir dari Reuters, saham Motorsport yang berbasis di Miami, Florida ini dikenal dengan permainan "NASCAR" dan "KartKraft", turun hampir 13% pada perdagangan sore.

Sebagian besar staf pengembang Motorsport Games adalah orang dari Rusia, dan dengan diberikannya sanksi dapat mempengaruhi perusahaan untuk menggunakan staf Rusia sebagai pengembang gim di masa depan.

Perusahaan belum menanggapi pertanyaan Reuters tentang jumlah karyawan yang bekerja di luar Rusia. “Kerusuhan yang berkepanjangan, kegiatan militer yang intensif atau sanksi yang lebih luas yang berdampak pada kawasan dapat memiliki dampak material yang merugikan pada operasi kami, hasil operasi, kondisi keuangan, likuiditas dan prospek bisnis,” kata perusahaan itu dalam pengajuan peraturan.