Preman Kalideres Ditangkap Usai Palak Penumpang Pakai Gunting Modifikasi
Preman Kalideres yang memalak penumpang bus di Terminal Kalideres, Jakbar/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Polsek Kalideres meringkus pelaku pemerasan atau pemalakan kepada penumpang bus di terminal Kalideres, Jakarta Barat. Aksi tersebut sempat viral di media sosial, sejak Minggu, 6 Maret.

Dalam tayangan video berdurasi 6 detik itu, nampak pelaku menggunakan kemeja kotak corak merah hitam putih melakukan pemalakan dengan menggunakan pisau.

"Setelah menerima laporan, anggotanya langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kejadian untuk mencari pelaku," kata Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar saat dikonfirmasi, Senin 7 Maret, sore.

Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Kalideres Iptu Tri Baskoro Bintang untuk memburu pelaku. Tak butuh waktu lama, pelaku berhasil di amankan.

"Pelaku berhasil diamankan tak jauh dari lokasi, pelaku juga masih mengenakan pakaian yang sama pada saat melakukan aksi pemalakan," kata AKP Syafri.

Kapolsek menjelaskan, saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan barang bukti senjata tajam jenis gunting. Gunting itu di modifikasi hingga menyerupai pisau yang digunakan untuk mengancam korban.

"Jadi Pelaku sengaja memodifikasi gunting tersebut hingga menyerupai pisau untuk menakuti korban," ujarnya.

Pelaku sudah dua kali melakukan aksi serupa. Pelaku sering nongkrong dan mengamen di terminal maupun di dalam bus.

Kapolsek mengimbau, masyarakat yang akan menaiki bus di terminal Kalideres, Jakarta Barat, agar lebih berhati-hati.

"Jika ada masyarakat yang mengalami aksi kejahatan, segera melaporkan ke kantor kepolisian terdekat atau pos gabungan di terminal bus Kalideres, Jakarta Barat," ujarnya.