Cara Mengasah Gunting yang Benar agar Tajam Kembali
Ilustrasi cara mengasah gunting (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gunting yang tersimpan di rumah akan semakin tumpul seiring berjalannya waktu dan digunakan terus menerus. Jika menajamkan kembali mata pisau sudah hal biasa, lantas bagaimana cara mengasah gunting? 

Gunting yang sering digunakan bisa mengalami berkurangnya ketajaman akibat gesekan dan benturan di mata guntingnya. Ketika gunting sudah tumpul, banyak orang langsung membeli gunting baru. Padahal Anda bisa menajamkan kembali gunting Anda yang tumpul. 

Namun banyak orang merasa kesulitan mengasah gunting karena bentuknya yang berbeda dari pisau. Bentuk gunting yang berupa gabungan dua buah pisau dan poros di tengahnya seringkali menyulitkan penggunanya yang ingin mengasah. Jika Anda mengalami masalah tersebut, simak tips cara mengasah gunting berikut ini.

Cara Mengasah Gunting yang Benar

Pada dasarnya mengasah gunting sama dengan mempertajam pisau. Berikut ini beberapa cara atau tips yang bisa Anda lakukan untuk mengasah gunting yang tumpul agar bisa tajam kembali. 

Mengasah Gunting Pakai Toples Kaca

Belum banyak yang tahu bahwa mengasah gunting bisa dilakukan menggunakan toples kaca. Proses pengasahan gunting memakai wadah berbentuk toples sangatlah sederhana. Anda hanya perlu menempatkan kedua mata gunting di atas bukaan toplesnya. Kemudian gerakkan gunting seperti Anda sedang memotong permukaan toples. 

Saat menggerakan gunting, berikan tekanan ringan agar mata gunting terasah oleh kaca toplesnya. Media kaca mampu mengasah dan menghaluskan mata gunting sehingga jadi lebih tajam. Setelah Anda selesai mengasahnya, langkah berikutnya adalah membersihkannya memakai kain lap atau kain yang sudah dibasahi.

Mengasah Gunting Pakai Amplas

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengasah gunting adalah menggunakan amplas. Pakai amplas dengan tingkat kekasaran sedang (grit 150 hingga 200) sebagai media mengasah gunting. Lipat amplas agar sisi kasar menghadap keluar, lalu gesekan gunting di atasnya dengan gerakan menggesek sekitar 10 hingga 20 kali.

Setelah diasah memakai amplas, kedua mata gunting akan lebih tajam. Anda juga bisa menggunakan media alternatif berupa kain amplas atau wol baja. Lakukan gerakan menggesek secara berulang, kemudian balik sisi gunting agar pengasahan bisa merata. 

Mengasah Gunting Pakai Batu Asahan

Metode tradisional untuk mengasah gunting adalah dengan menggunakan batu asah, sama seperti mengasah pisau. Batu asah yang bisa Anda gunakan yakni yang memiliki dua sisi dengan tingkat kekasaran 400 grit dan 1000 grit. Saat mengasahnya, sebaiknya dimulai dari sisi yang lebih kasar terlebih dahulu.

Pertama, Anda perlu membasahi batu asah menggunakan air biasa. Selanjutnya letakkan mata gunting yang akan diasah dalam posisi datar di atas permukaan batu. Kemudian gesekkan dan tekan permukaan tersebut dengan gerakan berlawanan hingga mata gunting tergerus sampai menjadi lebih halus.

Mengasah Gunting Pakai Alumunium Foil

Anda juga bisa menajamkan gunting menggunakan alumunium foil. Cukup siapkan selembar aluminium foil dan lipat beberapa kali hingga membentuk strip tebal. Potong aluminium foil menjadi potongan panjang dan gunakan untuk mengasah mata gunting. 

Cara mengasah gunting menggunakan alumunium foil sama seperti proses menajamkan pakai amplas. Anda hanya perlu menggesek dengan sedikit tekanan pada mata gunting ke potongan alumunium foil. Lakukan secara berulang di kedua sisi hingga mendapatkan hasil ketajaman sesuai keinginan. 

Mengasah Gunting Pakai Jarum Pentul

Cara lain mengasah gunting agar tajam kembali adalah menggunakan jarum pentul. Anda bisa memanfaatkan jarum pentul serupa dengan metode mengasah gunting menggunakan botol kaca. Anda tinggal meletakkan jarum pentul di sela-sela gunting. Kemudian lakukan gerakan memotong dan ulangi hingga mata pisau jadi lebih halus dan tajam. 

Demikianlah beberapa cara mengasah gunting yang bisa Anda praktikkan agar gunting yang tumpul kembali tajam. Sejumlah media atau peralatan di atas bisa Anda temukan dengan mudah di toko  bangunan maupun toko perkakas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.