Berapa Banyak Warga Sipil yang Tewas di Ukraina Akibat Invasi Rusia? Ini Data yang Dipunya PBB
Ukraina menembak jatuh Su-25 milik Rusia di dekat Volnovakha, wilayah Donetsk (Foto via @ArmedForcesUkr)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia terus membantah kalau mereka menargetkan warga sipil dalam invasi yang dilancarkan ke Ukraina. Tapi PBB berkata lain. Melalui OHCHR PBB merilis berapa angka kematian akibat peperangan ini.

Dilansir dari Al Jazeera, Jumat 4 Maret, PBB menyebut ada 331 warga sipil yang tewas di tengah serangan Rusia. Angka itu sudah termasuk 19 anak-anak yang dihitung ketika invasi Rusia dimulai pada 24 Februari lalu.

OHCHR, yang memiliki pemantau di Ukraina, menambahkan 675 lainnya terluk. Dan angka ini semua, diyakini jauh lebih rendah dibanding fakta sesungguhnya di lapangan.

Sebagian besar korban tewas oleh senjata peledak seperti tembakan dari artileri berat, sistem roket multi-peluncuran dan serangan rudal dan udara, katanya.

Soal serangan ke warga sipil ini salah satu yang mengemukakan adalah Menlu Jerman Annalena Baerbock. Kata dia, pasukan Putin menargetkan warga sipil dengan kekerasan brutal.

“Jelas untuk melihat bahwa perang agresi oleh Putin ini menargetkan penduduk sipil dengan kekerasan paling brutal,” kata Annalena Baerbock.