Temukan Salah Satu Berlian Terbesar dalam Sejarah Pertambangan, Pria Ini Jadi Miliarder Dadakan
Ilustrasi berlian. (Wikimedia Commons/Géry PARENT)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang penambang berhasil menjadi miliarder dadakan dalam semalam, setelah berhasil menggali salah satu batu mulia terbesar dalam sejarah pertambangan dunia.

Adalah Sushil Shukla (47) penambang asal Kishoreganj di Madhya Pradesh tengah, berhasil menemukan berlian seberat 26,11 karat, di sebuah tambang di Panna, India pada Senin lalu.

Panna adalah pusat penambangan berlian di India. Kawasan tersebut diprediksi memiliki cadangan hingga 120 juta karat, menurut angka pemerintah, seperti melansir The National News 23 Februari.

Para pencari keberuntungan seperti Sushil Shukla telah lama menggeluti aktivitas penambangan, untuk mencari batu mulia.

"Saya beruntung kali ini. Saya tidak percaya saya telah menemukan berlian sebesar ini. Saya telah melihat berlian kecil, tapi ini sangat besar," kata Shukla kepada The National.

"Saya tidak bisa mempercayai mata saya ketika saya menyentuhnya untuk pertama kalinya. Mata saya berkilau dengan kilaunya," ungkap Shukla.

Diketahui, Shukla menjalankan tempat pembakaran batu bata kecil dan telah menambang kontrak pemerintah tanpa banyak keberhasilan selama 20 tahun, sebelum penemuan hari Senin.

Dia menyewa tambang dangkal dengan lima pekerja bulan lalu, menghabiskan sekitar 135 dolar AS untuk pembayaran sewa dan pekerja.

"Kesabaran saya akhirnya terbayar, hidup saya berubah selamanya," tandasnya.

Batu permata itu telah diserahkan kepada pihak berwenang setempat dan akan dilelang minggu ini.

Para ahli mengatakan berlian itu bisa berharga lebih dari 12 juta rupee atau sekitar Rp2.307.556.246. Hasilnya akan diberikan kepada Shukla setelah dikurangi royalti dan pajak pemerintah.

"Ini adalah berlian terbesar ke-11 yang telah ditambang dari Panna. Kami menilainya tergantung pada warna, kejernihan, tepian, dan kualitasnya," terang Ravi Patel.

"Kami akan memotong royalti 11 persen dan memberikan sisanya kepada penambang," terang petugas pertambangan distrik setempat tersebut.

Untuk diketahui, September lalu, seorang petani menjadi jutawan setelah ia menemukan berlian 12,08 karat di salah satu cadangan di Panna. Batu itu dijual seharga 4,3 juta rupee atau sekitar Rp826.874.321.