Berpengalaman, Bambang Susantono Dinilai PKB Calon Kuat Kepala Otorita IKN Nusantara
Bambang Susantono/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Nama mantan Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, disebut-sebut bakal jadi calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Ketua DPP PKB Daniel Johan, menilai sosok Bambang cukup mumpuni untuk menjabat sebagai Kepala Otorita IKN.

"Sosok Bambang Susantono cukup mumpuni melihat latar belakang pengalaman dan keahliannya, pernah menjabat Wakil Menteri Perhubungan pada era SBY," ujar Daniel Johan kepada wartawan, Rabu, 23 Februari.

Legislator PKB dapil Kalimantan Barat itu mengatakan, Bambang berpengalaman di sektor perencanaan infrastruktur, termasuk juga pakar transportasi. Sehingga, dia menilai Bambang layak jika ditunjuk Presiden Jokowi menjadi kepala otorita.

"Dan pendidikannya pun memiliki spesifikasi di bidang perencanaan infrastruktur," kata Daniel.

Meski demikian, anggota Komisi IV DPR itu mengatakan keputusan memilih kepala otorita IKN merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

"Kita serahkan sepenuhnya kepada keputusan Presiden, dan setelah Presiden memilih siapa yang akan menempati posisi Kepala Otorita IKN, akan dikonsultasikan bersama DPR," sebutnya.

Hanya saja, dia berharap sosok Kepala Otorita IKN Nusantara nanti bukanlah tokoh kontroversial s pembangunan IKN dapat berjalan sesuai harapan.

"Kita berharap nanti yang akan mengisi pimpinan Otorita IKN adalah sosok yang tepat, tidak kontroversial. Sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik dan pembangunan berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan yang matang," jelasnya.

"Kita tunggu saja pengumuman resmi dari Istana dan keputusan Presiden yang final," pungkas Daniel.

Sebagai informasi, Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Bambang adalah pelaksana tugas menteri perhubungan, sebelum akhirnya diangkat sebagai wakil menteri perhubungan definitif di Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria kelahiran 4 November 1963 tersebut dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000.

Berdasarkan catatan, eks Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010 itu memiliki perang penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Lembaga donor tersebut menunjuk Bambang Susantonp sebagai wakil presiden untuk urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjanjikan segera mengumumkan calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bahkan, menurutnya, akan dilantik pada pekan depan. 

“Secepatnya, mungkin minggu depan kita akan lantik,” ujar Jokowi usai meresmikan Tower NasDem di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Februari.

Jokowi membocorkan, calon kepala otorita IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, itu bakal diisi sosok yang bukan berasal dari partai politik.

"Non-parpol,” sebutnya.