Amin Rais Sebut Partai Barunya Punya Semboyan Lawan Kezaliman dan Tegakkan Keadilan
Amien Rais saat memberi bocoran soal partai barunya (Tangkap layar YouTube Amien Rais Official)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memberi bocoran soal partainya. Menurut dia, partai barunya itu akan memiliki semboyan lawan kezaliman dan berasaskan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Hal ini disampaikan Amien melalui sebuah video selama 4 menit 35 detik yang diunggah di akun YouTubenya, Amien Rais Official.

"Asas partai kami adalah Islam Rahmatan Lil Alamin. Islam melarang diskriminasi atas apapun. Sementara semboyan kami adalah lawan kezaliman dan tegakkan keadilan," kata Amien seperti dikutip dari video yang diunggah pada Kamis, 10 September.

Dalam video yang juga menampilkan cuplikan gambar saat Amien masih aktif sebagai aktivis zaman reformasi ini, Amien kemudian menjelaskan alasan dia dan sejumlah pihak membentuk partai baru itu. 

Eks Ketua MPR RI ini mengatakan partai baru ini dibentuk karena banyak orang yang menilai perlu ada pergerakan baru. Dia menyebut, mereka yang bergabung di partai ini sepakat jika Indonesia saat ini berada di ambang krisis dari mulai krisis sosial hingga krisis ekonomi yang memburuk mengarah ke arah resesi dan depresi.

"Di samping itu kekuasaan rezim yang sedang memikul harapan rakyat, namanya semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika, akhlak yang baik dan adiluhung," ujarnya.

"Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan bersepakat bulat segera mendeklarasikan partai baru," imbuh dia.

Lebih lanjut mengenai logo hingga AD/ART partai, Amien meminta semua pihak untuk bersabar. Sebab, saat ini dia dan sejumlah nama yang tergabung di partai tersebut masih bermusyawarah menentukan kapan waktu dan tanggal yang tepat untuk meluncurkan partai ini.

"Kami sendiri sedang bermusyawarah dan ini yang bisa saya sampaikan terlebih dahulu. Yang jelas, jangan lupa asas kita nanti Islam Rahmatan Lil Alamin. Lawan kezaliman dan tegakkan keadilan," ujar dia diakhir video.

Loyalis Amien Rais yaitu Agung Mozin menjelaskan, partainya memang memiliki semboyan melawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Ke depan, partai ini akan menjadi partai yang Islam yang tidak membedakan suku, agama, dan ras.

"Pintu terbuka lebar buat mereka. Islam sebagai rahmat buat mereka semua. Termasuk non-muslim. Seluruh agama samawi mengajarkan yang sama yaitu melawan kezaliman dan tegakkan keadilan," tegas Agung saat berbincang dengan VOI.

Sebelumnya, Agung telah  membocorkan sejumlah tokoh yang akan bergabung di partai ini. Informasi tersebut tidak akan disampaikan Amien Rais pada hari Kamis, 10 September. Kata dia, tokoh yang bergabung ini adalah superstar yang punya agenda dan massa yang jelas.

"Saat ini sudah terjadi pembicaraan dengan kami dan beberapa tokoh lainnya, mereka akan bergabung dengan partai baru ini," kata dia.

Meski sudah membocorkan tokoh yang akan bergabung, Agung belum mau memberikan petunjuk soal kepengurusan partai ini. 

Katanya, nama partai ini dan pengurus partai baru akan diumumkan bersamaan dengan deklarasi partai yang rencananya dilakukan pada Desember. Meski begitu, tak menutup kemungkinan akan dilakukan lebih cepat.