Logo Partainya Amien Rais: Ada Garis Lurus, Bukan Mencla-Mencle
Ilustrasi (Bagus Santosa/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Deklarator Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dikabarkan sedang menggodok partai baru. Lalu bagaimana lambang partai ini?

Salah satu pendukung Amien Rais, Chandra Tirta Wijaya memberikan bocoran logo partai ini. Kata dia, logo partai ini tidak akan jauh berbeda dengan logo PAN. Tapi ada beberapa perbedaan yang mencolok sebagai pembedanya dengan PAN karena ada penambahan dan pengurangan.

"Logonya ada matahari dan garis lurus. Kalau sekarang kan belok-belok, mencla-mencle. Ada garis lurusnya sebab, kita semua tegak lurus, istikamah. Kemudian, (garis) sinarnya, bisa 9, bisa 13 atau bisa 5. Tapi belum diputuskan. Yang pasti akan ada kejutan. Tapi tetap, warnanya harus biru," katanya saat berbincang dengan VOI, Selasa, 1 September.

Di tempat yang sama, Agung Mozin mengatakan, partai ini sudah dipersiapkan dengan matang. Katanya, deklarasi partai yang nantinya bernama PAN Reformasi ini paling cepat Desember atau paling lama awal Januari 2021. Rencananya, deklarasi ini bakal digelar di Jakarta.

Dia mengaku ditunjuk Amien untuk mempersiapkan deklarasi partai ini. Agung mempersiapkan deklarasi partai yang bakal bernama PAN Reformasi ini bersama Putra Jaya Husin dan Chandra Tirta Wijaya.

Partai tersebut, lanjutnya, sudah memiliki perwakilan di 34 provinsi dan 380 kabupaten/kota. Dia juga memastikan, 70 persen kadern PAN akan pindah ke PAN Reformasi ini. 

"Kita ini bikin partai, bukan orang baru di partai kan. Jaringan di partai kita sudah jadi, apalagi ada Putra Jaya Husin, Chandra Tirta Wijaya, pokoknya orang-orang ini gila kerja semua," kepada VOI, Selasa, 1 September.

"Dan, kita ini logistik insyaallah siap. Aman. Kita enggak mungkin deklarasi kalau kita enggak siap," ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari pan.or.id, logo partai ini merupakan matahari putih yang bersinar cerah dilatarbelakangi segi 4 warna biru dengan tulisan PAN dibawahnya, merupakan simbolisasi bahwa Partai Amanat Nasional membawa suatu pencerahan baru menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

Makna logo ini, di antaranya untuk simbol matahari dengan yang bersinar terang, merefleksikan matahari merupakan sumber cahaya, sumber kehidupan. Kemudian, warna putih sebagai ekspresi dari kebenaran, keadilan dan semangat baru. Sementara, pancaran sinar merupakan refleksi dari kemajemukan. Terakhir, bujur sangkar berwarna biru tua merupakan cerminan laut dan langit yang merefleksikan kemerdekaan dan demokrasi.