Nama Partai Baru Amien Rais Segera Diumumkan, Tak 'Berbau' PAN
Amien Rais saat memberi bocoran soal partai barunya (Tangkap layar YouTube Amien Rais Official)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akan mengumumkan nama baru partainya pada Kamis, 1 Oktober melalui akun YouTubenya pada pukul 12.00 WIB. Meski selama ini disebut dengan nama PAN Reformasi, namun partai baru ini ternyata akan memiliki nama baru.

"Enggak ada hubungan sama sekali (dengan PAN, red). Betul-betul nama baru," kata loyalis Amien Rais yang juga salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husen kepada VOI, Rabu, 30 September.

Dirinya menyebut, sejak awal partai baru Amien ini memang tak akan menggunakan nama partai lama meskipun ada usulan yang menginginkan nama tersebut. Alasannya, mayoritas internal partai tidak setuju untuk memakai nama yang mengandung unsur apapun dari PAN karena partai itu tak sesuai dengan tujuan awal pembentukannya.

"Kan ide awalnya karena kawan-kawan berpendapat bahwa partai lama sudah tidak menjalankan tujuan awal ketika dibentuk, di mana partai harus tegas berdiri membela kepentingan rakyat," tegasnya.

Selain soal nama, Putra juga menyebut Amien akan mengumumkan AD/ART partai tersebut. Sementara soal struktural partai baru tersebut, dia menyebut belum akan diumumkan.

"Logo dan susunan kepengurusan DPP partai akan diumumkan saat deklarasi partai baru, akhir tahun ini," ungkapnya.

Meski kepengurusan partai belum diumumkan, Putra menegaskan bahwa kini makin banyak pihak yang bergabung dengan partainya.

"Makin deras yang bergabung tapi masih dirahasiakan," ujarnya.

Sebelumnya, mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memberi bocoran soal partainya. Menurut dia, partai barunya itu akan memiliki semboyan lawan kezaliman dan berasaskan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Hal ini disampaikan Amien melalui sebuah video selama 4 menit 35 detik yang diunggah di akun YouTubenya, Amien Rais Official.

"Asas partai kami adalah Islam Rahmatan Lil Alamin. Islam melarang diskriminasi atas apapun. Sementara semboyan kami adalah lawan kezaliman dan tegakkan keadilan," kata Amien seperti dikutip dari video yang diunggah pada Kamis, 10 September.

Eks Ketua MPR RI ini mengatakan partai baru ini dibentuk karena banyak orang yang menilai perlu ada pergerakan baru. Dia menyebut, mereka yang bergabung di partai ini sepakat jika Indonesia saat ini berada di ambang krisis dari mulai krisis sosial hingga krisis ekonomi yang memburuk mengarah ke arah resesi dan depresi.

Lebih lanjut mengenai logo hingga AD/ART partai, Amien meminta semua pihak untuk bersabar. Sebab, saat ini dia dan sejumlah nama yang tergabung di partai tersebut masih bermusyawarah menentukan kapan waktu dan tanggal yang tepat untuk meluncurkan partai ini.

"Kami sendiri sedang bermusyawarah dan ini yang bisa saya sampaikan terlebih dahulu. Yang jelas, jangan lupa asas kita nanti Islam Rahmatan Lil Alamin. Lawan kezaliman dan tegakkan keadilan," ujar dia diakhir video.