Bertambah, Kini Ada 47 RT di Jakarta Terendam Banjir,57 Warga Mengungsi
Ilustrasi-Genangan air di sekitaran Jl. Galur Raya depan PN. Jakarta Pusat (Foto via TMC Polda Metro Jaya)

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah RT yang terendam banjir setelah hujan sejak pagi hingga sore hari di Jakarta bertambah. Siang tadi, ada 10 RT yang terendam. Per pukul 18.00 WIB, titik banjir bertambah menjadi 47 RT.

"Informasi genangan sampai pukul 18.00 WIB ada di 47 RT dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI M. Insaf kepada wartawan, Selasa, 18 Januari.

Insaf menjelaskan, terdapat 46 RT yang terendam banjir di Jakarta Barat. Rinciannya di Kelurahan Kapuk sebanyak 18 RT, Kelurahan Cengkareng Timur 6 RT, Kelurahan Cengkareng Barat 1 RT, Kelurahan Kamal 3 RT, Kelurahan Tegal Alur 16 RT, Kelurahan Kembangan Utara 1 RT, dan Kelurahan Wijaya Kusuma 1 RT.

"Ketinggian air berkisar antara 40 sampai dengan 70 sentimeter yang penyebabnya curah hujan tinggi. Khusus di Tegal Alur, banjir mencapai 90 sentimeter akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Semonggol," ujar Insaf.

Selain di Jakarta Barat, terdapat 1 RT di Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat. RT tersebut terendam banjir dengan ketinggian hingga 60 sentimeter akibat curah hujan tinggi.

Insaf nengungkapkan, sudah ada 57 jiwa dari 9 KK di Kelurahan Tegal Alur yang mengungsi akibat rumahnya terendam. Mereka mengungsi di Rumah Susun Tegal Alur.

Lebih lanjut, Insaf mengungkapkan saat ini ada 8 ruas jalan yang tergenang. Jalan yang tergenang di Jakarta Pusat sejumlah 1 ruas jalan, Jakarta Utara 2 ruas jalan, dan Jakarta Barat 5 ruas jalan. Ketinggian air berkisar antara 40 sampai 70 sentimeter.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana, dan Disgulkarmat. Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," jelas dia.