Muncul Genangan di Jalanan Jakarta, 6 Rute Transjakarta Dialihkan
DOK VOI/ILUSTRASI

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah ruas jalan tergenang setelah Jakarta diguyur hujan hingga sore. Imbasnya, enam rute Transjakarta dialihkan sejak pukul 16.50 WIB.

"Sehubungan dengan derasnya curah hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya siang ini, berdampak pada beberapa layanan Transjakarta non-bus rapid transit (BRT) dan layanan Mikrotrans yang mengalami pengalihan," Plt. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas PT Transjakarta Angelina Betris dalam keterangannya, Selasa, 18 Januari.

Ruter pertama yang dialihkan adalah koridor 2 dengan rute Pulogadung-Harmoni. Koridor 2 dialihkan sementara ke koridor 4 (Pulogadung-Tosari) karena adanya genangan air di sskitar kawasan Cempaka Timur.

"Rute arah Harmoni menjadi Pulogadung, TUGAS, Pasar Genjing, Fly Over Matraman, Salemba Carolus, Pal Putih, Atrium, RSPAD, Harmoni Central Busway (HCB)," tutur Betris.

Kedua, rute Kampung Rambutan-Harmoni via Cempaka Putih (7F) ke arah Harmoni sementara tidak melayani Halte Utan Kayu Rawamangun sampai dengan Halte Senen.

Untuk arah Kampung Rambutan tidak melayani Halte Monas sampai dengan Utan Kayu Rawamangun.

"Dikarenakan adanya genangan air di sekitar kawasan Cempaka Timur dan sekitarnya untuk sementara layanan 7F mengalami pengalihan di kedua arah," ujarnya.

Ketiga, lanjut Betris, rute Tanjung priok-Kampung Rambutan (10D) mengalami pengalihan rute di kedua arah.

Sedangkan arah Tanjung Priok, sementara tidak tidak melayani Halte Utan Kayu Rawamangun sampai dengan Cempaka Mas. Pada Kampung Rambutan, sementara tidak melayani Halte Yos Sudarso Kodamar sampai dengan Utan Kayu Rawamangun.

Selanjutnya, rute Sentraland Cengkareng - Puri Kembangan (3E) mengalami pengalihan dan rute sementara arah Puri Kembangan tidak melayani bus stop Mal Taman Palem 1 sampai dengan bus stop Mal Taman Palem 2.

Kemudian, rute Grogol-Meruya (JAK 30) mengalami pengalihan di kedua arah. "Arah meruya sementara tidak melayani bus stop kecamatan Grogol sampai dengan SDN Duri Kepa 11. Arah Grogol sementara tidak melayani stop Jalan Kebon Raya Indomaret sampai dengan Jalan Patra," jelas Betris.

Terdapat rute lainnya yang terdampak yakni JAK80 (Rawa Buaya-Rawa Kompeni), JAK04 (Grogol-Tubagus Angke), JAK52 (Kalideres-Muara Angke), JAK50 (Kalideres-Puri Kembangan), JAK40 (Pulogebang-Taman Harapan Baru) dan JAK27 (Pulogebang-Rorotan).

*Semua layanan terdampak akan kembali beroperasi normal apabila genangan air sudah surut dan kembali bisa melayani pelanggan. Transjakarta mengimbau masyarakat yang biasa menggunakan layanan terdampak untuk bisa menyesuaikan perjalanan," imbuhnya.