Masih Banjir, Sejumlah Rute TransJakarta dan KRL Pagi Ini Dialihkan
Bus Transjakarta (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah wilayah di Jakarta masih tergenang banjir hingga pagi ini. Beberapa rute TransJakarta dan KRL dialihkan karena genangan menghambat sejumlah koridor. 

Untuk Koriodor 1 Blok M – Kota, pelayanan di seluruh bus stop berjalan normal karena genangan masih dapat dilewati. 

Sementara, terdapat pengalihan rute Koridor 2 Pulogadung-Harmoni. Pelayanan pengalihan jalur dari Pulogadung bergabung dengan koridor 4, kemudian di BPKP ke arah Tanjung Priuk masuk di halte Rawasari sampai Cempaka Putih belok kiri ke halte Cempaka Timur - Senen - Harmoni. 

"Halte Pedongkelan, Asmi, Pulomas, dan Bermis tidak membuka pelayanan. Untuk arah sebaliknya melewati rute pengalihan yang sama," ungkap Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan yang diterima VOI, 2 Januari. 

Selanjutnya, Nadia menyatakan Koridor 3 Harmoni – Kalideres stop operasi. Genangan di sekitaran Jembatan Baru, Dispenda dan turunan flyover pesing. 

Kemudian, koridor 4 Pulogadung-Dukuh Atas melayani dengan normal. Pada Koridor 5 Kampung Melayu – Ancol, pelayanan diperpendek dari Kampung Melayu sampai halte Senen. Pada Koridor 6 Ragunan - Dukuh Atas, pelayanan normal. Koridor 7 Kampung Rambutan-Kampung Melayu juga melayani dengan normal. 

Pada Koridor 8 Harmoni-Lebak Bulus, pelayanan diperpendek dari Lebak Bulus sampai halte Assidiqiyah. 

Demikian pula pada Koridor 9 Pinang Ranti – Pluit, pelayanan diperpendek dari Pinang Ranti hanya sampai Grogol

Genangan di Latumenten masih tinggi. 

Lalu, pada Koridor 10 PGC-Tanjung Priok, pelayanan dari arah PGC ke Tanjung Priuk normal, untuk pelayanan dari Tanjung Priuk ke arah PGC dialihkan. Selepas halte Bea Cukai bus keluar jalur ke arah Kp Melayu masuk halte Bidara Cina koridor 7 - BNN - UKI - PGC. 

Pada Koridor 11 Pulogebang - Kampung Melayu, pelayanan normal. Selepas halte Kampung Melayu contraflow sampai depan Polres Jakarta Timur karena jalur di Kp Pulo belum bisa dilintasi. Koridor 12. Tanjung Priok-Pluit dan Koridor 13 Ciledung-Tendean berjalan dengan normal. 

Lebih lanjut, perjalanan KRL berjalan dengan normal kecuali pada lintas Tangerang dan loopline. Dari pantauan petugas pada pukul 06.00 WIB pagi ini, masih terdapat genangan di lintas antara Stasiun Kampung Bandan - Stasiun Kemayoran, di antara Stasiun Rawa Buaya - Stasiun Batu Ceper, dan di Jalur 6 Stasiun Tanah Abang.

"Untuk itu, KRL loopline relasi Bogor - Jatinegara perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Kampung Bandan. Sementara di lintas Duri - Tangerang, perjalanan KRL diatur hanya Tangerang - Batuceper PP," jelas VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba. 

"Dan untuk lintas Rangkasbitung - Tanah Abang kemungkinan akan ada antrian perjalanan KRL mendekati stasiun Tanah Abang karena hanya jalur 5 yang dapat digunakan," lanjut dia. 

Sementara itu, untuk lintas Bogor - Jakarta Kota, lintas Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota, dan lintas Tanjung Priok - Jakarta Kota, terpantau ada genangan di sejumlah lokasi, namun masih dapat dilewati KRL dengan pembatasan kecepatan 40 kilometer per jam.