SDA Jakarta Pusat Sebut Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Berasal dari Luapan Saluran Air
Suasana banjir di Jakarta/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Arus lalu lintas di sepanjang Jalan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat sempat alami kepadatan akibat adanya banjir yang menggenangi kawasan tersebut.

Kepadatan terjadi di dua lajur dari arah Pasar Senen menuju Ancol dan sebaliknya. Genangan air terjadi di dekat halte TransJakarta Budi Utomo dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter.

Terlihat sejumlah kendaraan mogok lantaran mesin kendaraan mereka kemasukan air ketika nekat menerjang genangan air. Hingga Selasa sore, genangan air masih membanjiri Jalan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat Achmad Daeroby mengatakan, genangan yang terjadi di beberapa titik di Jakarta Pusat dikarenakan volume air hujan yang sangat tinggi. Akibatnya, terjadi luapan air dari saluran hingga menciptakan genangan.

"Ini hujannya deras sekali, akibatnya saluran tidak menampung," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 18 Januari.

Adapun berdasarkan data yang dihimpun, genangan terjadi di wilayah Jalan Medan Merdeka Timur dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter, Jalan Bungur Raya dengan ketinggian 40 sentimeter dan Jalan Suprapto sampai Jalan Ahmad Yani dengan kedalaman air mencapai 30 sentimeter.

"Tapi ini cepat surutnya genangan ini. Saat ini masih kita data dulu, berapa banyak (seluruh) lokasi yang terjadi genangan di Jakpus," katanya.