Petugas SDA Jakpus Sebut Genangan Air di Benhil Keluarkan Bau Tak Sedap, Ganggu Pengguna Jalan
Petugas SDA Jaksel di lokasi genangan air di Benhil/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Mustajab mengatakan, kebocoran air limbah di Jalan Benhil Raya ini disebabkan karena mainhole atau lubang got ada yang mampet. Akibatnya limbah air domestik Paljaya ini meluap ke jalan.

"Ada jaringan limbah domestik yang terganggu. Ini bukan saluran tapi pipa jaringan limbah. Sudin SDA telah berkoordinasi agar jaringan limbah seperti ini harus dilakukan pemeliharaan rutin maupun berkala," kata Mustajab saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 27 Juni.

Sudin SDA Jakarta Pusat mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Perumda Paljaya terkait peristiwa ini.

"Saya sudah berkordinasi dengan Paljaya dan hari ini akan dilakukan perbaikan bersama-sama," ucapnya.

Mustajab mengatakan, tahap perbaikan akan dilakukan dengan menyedot air di dalam mainhole terlebih dahulu. Kemudian mengecek ke dalam saluran apakah ada yang mampet.

"Perbaikan ini diprediksi akan memakan waktu hingga 1 minggu karena ini mainhole berada ditengah jalan. Kami dari Sudin SDA Jakpus akan terjunkan satgas dan pihak Paljaya juga," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, aspal di ruas Jalan Bendungan Hilir (Benhil) Raya, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat ditemukan rusak berlubang dan digenangi air pada Selasa, 27 Juni, siang.

Ruas jalan itu mengalami kerusakan akibat terkikis air luapan limbah yang diduga berasal dari pipa milik Perumda Paljaya.

"Ini saluran milik Paljaya, saya sudah bersurat berkali - kali ke Paljaya tapi tidak ada tanggapan," kata Lurah Bendungan Hilir, Rida Mufrida kepada wartawan, Selasa, 27 Juni.