<i>Street Race</i> Diperluas, Dirlantas Polda Metro Sebut Ada 39 Lokasi Ajang Balap Liar di Jakarta
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan terdapat 39 titik lokasi yang sering dijadikan ajang balap liar di wilayah Jakarta.

Dengan adanya event street race ini, pihaknya berharap tidak ada lagi warga yang mengganggu arus lalu lintas di jalan umum dengan balapan liar.

"Jadi mereka punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan dengan menutup jalan. Tetapi mereka kita wadahi untuk melaksanakan balapan di tempat yang sudah kita tentukan," kata Kombes Sambodo kepada wartawan, Minggu 16 Januari.

Sambodo mengatakan, street race digelar di wilayah BSD, Bekasi hingga Tangerang pada bulan depan.

"Dengan demikian, keamanan lebih terjamin tidak mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Sementara terkait di kawasan BSD, Kombes Sambodo mengatakan, sesuai perintah Kapolda, semua polres mencari lintasan street race.

"Kemudian bersama komunitas kita akan melakukan pengecekan apakah lokasi tersebut layak digunakan atau tidak. Kalau layak, bulan depan kita adakan lagi dengan format yang sama," ujarnya.

Jika street race digelar di BSD, event tersebut akan digelar tiap satu bulan sekali.

"Tempat ini nanti kita bicara dengan komunitas agar bisa kita laksanakan seminggu sekali di malam hari terserah di malam apa, nanti jalannya kita tutup untuk balapan. Dengan adanya street race ini, (diharapkan) kecelakaan bisa enggak ada," ujarnya