Pebalap Liar Jakarta Timur Bakal Punya Arena Adu Cepat di Kawasan KBT Duren Sawit
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya melalui jajaran Polres di Jakarta akan membuat arena street race seperti yang sudah digelar di Ancol, Minggu 16 Januari, lalu. Salah satu lokasi yang akan diusulkan di Jakarta Timur adalah kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, pihaknya telah mengajukan lokasi itu kepada Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Namun demikian, rencana sama Pak Dirlantas (Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya) mau disurvei dulu," kata Edy kepada wartawan, Selasa 18 Januari.

Nantinya panjang jalur lintasan balap drag race itu sekitar 500 - 700 meter.

"Lebarnya pun kira-kira empat sampai lima meter, cukup. Tapi tergantung dari (tinjauan) tim nanti," katanya.

Edy menyatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur terkait pemilihan lokasi street race.

 

"Koordinasi dengan pihak pemerintah daerah juga oke, menyambut juga. Sudah dengan Dishub (Dinas Perhubungan DKI), termasuk dari pihak KBT," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan, pihaknya mendata terdapat 39 titik lokasi yang sering dijadikan ajang balap liar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dengan adanya kegiatan street race ini, pihaknya berharap tidak ada lagi warga yang mengganggu arus lalu lintas di jalan umum.

"Jadi mereka punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan dengan menutup jalan. Tetapi mereka kita wadahi untuk melaksanakan balapan di tempat yang sudah kita tentukan," kata Kombes Pol Sambodo kepada wartawan, Minggu 16 Januari.