Pendaftaran Gelombang 6 Kartu Prakerja Dibuka Hari Ini
Ilustrasi. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Project Management Office (PMO) atau Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyatakan pendaftaran gelombang 6 akan segera dibuka hari ini Kamis, 27 Agustus, mulai pukul 12.00 WIB.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, sama seperti gelombang sebelumnya, kuota yang disediakan pada gelombang 6 ini adalah 800.000 peserta.

Penerima Kartu Prakerja tersebut merupakan daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Begitu juga untuk gelombang 6 yang akan dibuka hari ini, kuotanya tetap sama yaitu 800.000," katanya, melalui pesan singkat kepada VOI, Kamis, 27 Agustus.

Sementara itu, kata Louisa, pengumuman hasil seleski gelombang 5 akan diumuman pada Sabtu, 29 Agustus pukul 08.00 WIB. Seperti diketahui, pada gelombang ini, tercatat lebih dari 1,7 juta orang telah mendaftar Kartu Prakerja.

"Nanti peserta yang terpilih menjadi peserta Kartu Prakerja gelombang 5 akan menerima SMS pemberitahuan dari manajemen," tuturnya.

Para pendaftar, kata Louisa, juga dapat memeriksa dashboard mereka untuk mengetahui apakah mereka terpilih untuk bergabung dalam gelombang 5.

Bisa Daftar Kartu Prakerja Secara Offline

Sekadar informasi, bagi calon peserta yang kesulitan mendaftarkan secara daring atau online, para calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara luring atau offline di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Bisa juga mendaftar luring di pemerintah daerah, melalui Dinas Ketenagakerjaan.

Namun, dalam penyeleksian secara luring, tidak ada campur tangan dari PMO. Artinya, PMO hanya tinggal menerima usulan peserta yang sudah dipilih oleh Kemnaker. 

Bagi peserta yang sudah terdaftar, namun tidak lolos menjadi peserta Kartu Prakerja gelombang 1, 2, 3, dan 4, bisa langsung login ke akun Kartu Prakerja dan bergabung dengan gelombang 5.

Apabila calon peserta adalah baru pertama kali mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja, harus membuat akun Kartu Prakerja sebelum melakukan pendaftaran.

Berikut cara mendaftar program Kartu Prakerja:

1. Membuat akun dengan mengakses situs www.prakerja.go.id, dan pilih opsi mendaftar;

2. Isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru;

3. Secara otomatis akan masuk di kotak masuk (Inbox) e-mail calon pendaftar berupa link untu mengkonfirmasi e-mail;

4. Setelah meng-klik konfirmasi e-mail, maka e-mail sudah terdaftar dan akan kembali ke situs www.prakerja.go.id untuk melanjutkan pendaftaran;

5. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP);

6. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP akan dikirim melalui SMS;

7. Calon peserta akan melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar kurang lebih selama 15 menit;

8. Jika lolos akan ada pemberitahuan dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui e-mail. Peserta pun akan diminta untuk mengisi nomer rekening atau e-wallet untuk kemudian diproses agar bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan insentif.