Bagikan:

JAKARTA - Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 5 masih dibuka. Bagi para masyarakat yang ingin menjadi peserta, masih terbuka kesempatan untuk mendaftar program besutan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, manajemen pelaksana program Kartu Prakerja pendaftaran masih akan buka selama liburan panjang.

Louisa mengatakan, diperpanjangnya jadwal pendaftaran gelombang 5 ini bertujuan agar lebih banyak masyarakat yang dirumahkan, korban pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun pelaku usaha mikro dan kecil bergabung, terutama dari Indonesia Timur.

"Pendaftaran gelombang 5 akan kami tutup pada hari Minggu, 23 Agustus, pukul 12.00 WIB," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 19 Agustus.

Hingga saat ini, kata Louisa, jumlah pendaftar sudah mendekati 1,3 juta orang dari seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk pembukaan gelombang 6 masih akan dikomunikasikan.

Menurut Louisa, dari tracking survey kepada 240.000 penerima Kartu Prakerja, ada banyak penerima Kartu Prakerja yang telah memulai usaha sendiri, berwirausaha, dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat Kartu Prakerja.

"Ada yang memulai usaha warung kopi, pembuatan kue, maupun desain grafis. Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, F&B, dan lifestyle," jelasnya.

Louisa berujar, Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030.

Bisa Daftar Secara Offline

Sekadar informasi, bagi calon peserta yang kesulitan mendaftarkan secara daring atau online, para calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara luring atau offline di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Bisa juga mendaftar luring di pemerintah daerah, melalui Dinas Ketenagakerjaan.

Namun, dalam penyeleksian secara luring, tidak ada campur tangan dari PMO. Artinya, PMO hanya tinggal menerima usulan peserta yang sudah dipilih oleh Kemnaker. 

Bagi peserta yang sudah terdaftar, namun tidak lolos menjadi peserta Kartu Prakerja gelombang 1, 2, 3, dan 4, bisa langsung login ke akun Kartu Prakerja dan bergabung dengan gelombang 5.

Apabila calon peserta adalah baru pertama kali mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja, harus membuat akun Kartu Prakerja sebelum melakukan pendaftaran.

Berikut cara mendaftar program Kartu Prakerja:

1. Membuat akun dengan mengakses situs www.prakerja.go.id, dan pilih opsi mendaftar;

2. Isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru;

3. Secara otomatis akan masuk di kotak masuk (Inbox) e-mail calon pendaftar berupa link untu mengkonfirmasi e-mail;

4. Setelah meng-klik konfirmasi e-mail, maka e-mail sudah terdaftar dan akan kembali ke situs www.prakerja.go.id untuk melanjutkan pendaftaran;

5. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP);

6. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP akan dikirim melalui SMS;

7. Calon peserta akan melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar kurang lebih selama 15 menit;

8. Jika lolos akan ada pemberitahuan dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui e-mail. Peserta pun akan diminta untuk mengisi nomer rekening atau e-wallet untuk kemudian diproses agar bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan insentif.