Bagikan:

JAKARTA - Militan Palestina di Gaza menembakkan dua roket ke arah laut Mediterania pada Hari Sabtu, menyebabkan ledakan di lepas pantai Tel Aviv, kata militer Israel.

Mengutip Reuters 1 Januari, pihak kepolisian mengatakan tidak ada korban jiwa atau kerusakan akibat dua serangan tersebut. Tidak ada klaim tanggung jawab langsung dari gerilyawan Gaza atas ledakan kali ini, termasuk dari Hamas.

Hamas, kelompok bersenjata Islam yang menguasai daerah kantong Palestina di pesisir, kadang-kadang menguji roket yang ditembakkan, meluncurkannya ke laut.

Namun, situs berita Paltimes yang berafiliasi dengan Hamas mengatakan bahwa peluncuran itu tidak disengaja dan mungkin disebabkan oleh kegagalan fungsi.

Terpisah, mengutip The National News, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Israel Alon Schuster mengatakan, militer tidak mengharapkan eskalasi. Kendati demikian, dia mengatakan, "kami tidak akan menjadi karung tinju Hamas."

Untuk diketahui, perbatasan Israel-Gaza sebagian besar telah tenang sejak perang 11 hari pada Bulan Mei. Tetapi pada Hari Rabu, tembakan dari Gaza yang melukai seorang warga sipil Israel menarik tembakan tank dari militer Israel, melukai tiga warga Palestina.