Penggerebekan  Stand News Dikritik Keras, Pemimpin Hong Kong Sebut Bukan Penindasan Kebebasan Pers
Pemimpin Hong Kong Carrie Lam. (Wikimedia Commons/VOA)

Bagikan:

JAKARTA - Penggerebekan polisi Hong Kong terhadap organisasi media pro-demokrasi dan penangkapan tujuh orang yang terkait dengannya, ditujukan untuk aktivitas hasutan, bukan penindasan terhadap media, kata pemimpin pemerintah kota, Kamis.

Sekitar 200 polisi menggerebek kantor Stand News pada Hari Rabu, membekukan asetnya dan menangkap tujuh editor senior dan mantan anggota dewan, karena 'berkonspirasi untuk menerbitkan publikasi hasutan'.

Mereka berada dalam tahanan polisi sekitar 30 jam setelah penangkapan mereka, menunggu tuntutan resmi atau pembebasan. Di bawah hukum Hong Kong, polisi dapat menahan tersangka selama maksimal 48 jam.

Penggerebekan itu adalah tindakan keras terbaru terhadap media dan perbedaan pendapat secara umum di bekas jajahan Inggris itu, sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang keras di kota itu tahun lalu yang bertujuan untuk mengakhiri protes pro-demokrasi selama berbulan-bulan.

"Tindakan ini tidak ada hubungannya dengan apa yang disebut penindasan kebebasan pers," kata pemimpin Hong Kong Carrie Lam kepada wartawan, mengutip Reuters 30 Desember.

"Jurnalisme tidak menghasut, tapi kegiatan menghasut tidak dapat dimaafkan dengan kedok pelaporan berita," sambungnya.

hong kong
Ilustrasi polisi Hong Kong. (Wikimedia Commons/Stewart~惡龍)

Didirikan pada tahun 2014 sebagai organisasi nirlaba, Stand News adalah publikasi pro-demokrasi paling menonjol yang tersisa di Hong Kong, setelah penyelidikan keamanan nasional tahun ini menyebabkan penutupan tabloid Apple Daily milik taipan Jimmy Lai yang dipenjara.

Total tujuh orang diamankan polisi Hong Kong, termasuk empat mantan anggota dewan Stand News, mantan legislator demokratis Margaret Ng, penyanyi pop Denise Ho, Chow Tat-chi dan Christine Fang, serta mantan pemimpin redaksi Chung Pui-kuen dan penjabat kepala editor Patrick Lam. Istri Chung, Chan Pui-man, yang sebelumnya bekerja di Apple Daily, ditangkap kembali di penjara.

Kelompok advokasi media, beberapa pemerintah Barat, termasuk Kanada dan Jerman, dan Kantor Hak Asasi Manusia PBB mengutuk penggerebekan dan penangkapan tersebut sebagai tanda erosi kebebasan pers di pusat keuangan global.

Sementara, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken meminta pihak berwenang China dan Hong Kong, untuk segera membebaskan mereka yang ditangkap.

Lam, mengacu pada panggilan Blinken, mengatakan itu akan bertentangan dengan aturan hukum.

Terpisah, Kantor Kementerian Luar Negeri China di Hong Kong mengatakan dukungan untuk kebebasan pers digunakan sebagai alasan untuk mengganggu stabilitas di kota itu.

"Mereka yang terlibat dalam kegiatan yang membahayakan keamanan nasional dan merusak supremasi hukum dan ketertiban umum di bawah naungan jurnalisme adalah kambing hitam yang menodai kebebasan pers dan akan dimintai pertanggungjawaban," sebut mereka dalam sebuah pernyataan.

Untuk diketahui, Stand News, sebuah publikasi online, ditutup beberapa jam setelah penggerebekan dan semua karyawannya diberhentikan. Situs web Stand News tidak dapat diakses pada hari Kamis. Kepala bironya di London, Yeung Tin Shui, mengatakan di Facebook bahwa kantornya juga telah ditutup.