Prihatin Tsunami Kasus Varian COVID-19, Dirjen WHO: Delta dan Omicron Jadi Ancaman Kembar
Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Wikimedia Commons/Women Deliver)

Bagikan:

JAKARTA - Sirkulasi simultan varian Delta dan Omicron dari virus corona menciptakan 'tsunami kasus', direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada konferensi pers pada Hari Rabu.

"Delta dan Omicrom sekarang menjadi ancaman kembar yang meningkatkan kasus hingga mencapai angka rekor, menyebabkan lonjakan rawat inap dan kematian," kata Tedros, mengutip Reuters 29 Desember.

"Saya sangat prihatin bahwa Omicron, yang sangat menular dan menyebar pada saat yang sama seperti Delta, menyebabkan tsunami kasus," tandasnya.

Tedros mengulangi seruannya kepada negara-negara untuk berbagi vaksin COVID-19 secara lebih adil, memperingatkan penekanan pada dosis booster di negara-negara kaya dapat membuat negara-negara miskin kekurangan vaksin.

Dia mengatakan, WHO berkampanye untuk setiap negara untuk mencapai target cakupan vaksin 70 persen pada pertengahan 2022, yang akan membantu mengakhiri fase akut pandemi.

Malam Tahun Baru akan menandai peringatan kedua China yang memperingatkan WHO akan 27 kasus "pneumonia virus" yang tidak diketahui asalnya di Kota Wuhan.

Untuk diketahui, lebih dari 281 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona baru secara global dan lebih dari 5 juta telah meninggal, menurut penghitungan Reuters.