Johnny G. Plate Janji Layanan 4G Jangkau Seluruh Indonesia Pada 2022
Menkominfo Johnny G Plate (Dok. Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate menjanjikan ketersediaan layanan internet berbasis 4G yang menjangkau seluruh pelosok wilayah di Indonesia pada tahun 2022 mendatang.

"Selambat-lambatnya, akhir tahun 2022 sudah tersedia layanan sinyal 4G di seluruh pelosok Tanah Air, sekalipun sampai di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar atau 3T," kata Johnny dalam siaran langsung akun YouTube Kemkominfo TV, Sabtu, 22 Agustus.

Pemenuhan keterjangkauan jaringan internet ini, kata Johnny, masuk dalam bingkai agenda nasional selama 5 tahun pemerintahan Joko Widodo, yakni pecepatan transformasi digital nasional.

Adapun target penyediaan layanan internet ini didasarkan fakta bahwa masih ada 12.548 desa dan kelurahan, serta 1.560 lokasi layanan publik yang belum mendapat jangkauan jaringan internet yang memadai. 

"Karenanya, internetifikasi rasio ingin kita tingkatkan, disparitas internet antarorang dan antarwilayah ingin ditekan, serta penyediaan internet yang berkecepatan tinggi," ucap Johnny.

Selain itu, Johnny juga menyebut pemerintah akan membuat pusat data nasional yang akan memudahkan pengintegrasian data di Indonesia. 

"Kita tahu, selama ini yang jadi persoalan implemenatsi program termasuk perlindungan sosial dan layanan kesehatan, adalah masalah satu data nasional," ucap Johnny.

Oleh sebab itu, Jhonny menganggap pemerintah membutuhkan wadah satu data dan memenuhi peran melalui electronic government. Caranya, dengan membangun pusat data nasional.

Tak hanya itu, Johnny juga menyebut pemerintah akan menguatkan sistem ekonomi digital. Caranya, dengan emfasiloitasi UMKM, petani, nelayan, dan sebagainya dengan mengembangkan pemanfaatan teknologi digital Sebagai sistem pemasaran. 

"Termasuk juga pendidikan yang terkait dengan migrasi ekonomi, dari ruang fisik ke digital, yang dari waktu ke waktu terus meningkat," sebut dia.