NATO Tidak akan Mundur Soal Ukraina, Rusia: Kami Siap Dialog Tentang Jaminan Keamanan
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova (Twitter/@RussianEmbassy)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia siap untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), tentang proposal Moskow untuk jaminan keamanan, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada Hari Jumat.

"Kami mengkonfirmasi kesiapan untuk dialog langsung dengan NATO mengenai rancangan perjanjian Rusia tentang jaminan keamanan untuk Rusia, yang mengesampingkan ekspansi aliansi lebih lanjut ke timur dan penyebaran senjata ofensif di dekat perbatasan Rusia," ujarnya mengutip TASS 24 Desember.

Zakharova menegaskan, Moskow telah menerima proposal Brussel untuk mengadakan Dewan Rusia-NATO untuk memperdebatkan topik Ukraina.

"Sekarang sedang dipertimbangkan bagaimana hal itu bisa dilakukan secara praktis," tandasnya.

Lebih jauh Zakharova mengatakan 'tindakan tidak bersahabat' terhadap Misi Permanen Rusia untuk NATO, menyebabkan penutupannya lebih awal. Zakharova menekankan, itu harus dipertimbangkan ketika membuat pengaturan untuk pertemuan.

"Tapi seperti yang saya katakan, kami terbuka untuk dialog," diplomat itu mengulangi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Hari Selasa mengatakan, NATO menawarkan untuk mengadakan Dewan Rusia-NATO pada awal tahun depan untuk membahas situasi di Ukraina.

Dia juga mengatakan, aliansi tidak akan mundur pada hak Ukraina untuk 'memilih jalannya' atau mengejar keanggotaan NATO, di samping hak negara-negara anggota aliansi untuk saling membela.