Tidak Ada Penyekatan Selama Operasi Lilin, Polda Metro Hanya Terapkan Skema CFN di 10 Kawasan
Konfrensi Pers soal Operasi Lilin (Foto: Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menegaskan tak akan menerapkan penyekatan dalam Operasi Lilin Jaya 2021. Meski, mobilitas masyarakat harus dikendalikan saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kami tegaskan bahwa selama Operasi Lilin Jaya 2021 tidak ada penyekatan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis, 23 Desember.

Namun, untuk menekan mobilitas masyarakat saat Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan mendirikan pos pelayanan di beberapa titik.

Nantinya, petugas yang berjaga di pos itu akan mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dan bermobilitas.

"Kemudian kita akan membuat pos-pos pelayanan di titik-titik pusat keramaian, mal, gereja dan sebagainya," kata Sambodo.

Sementara khusus untuk mencegah mobilitas saat Tahun Baru 2022, lanjut Sambodo, pihaknya akan menerapkan skema Crowd Free Night (CFN).

Skema ini akan menutup kawasan-kawasan yang berpotensi menjadi lokasi berkumpul masyarakat. Semisal, tempat hiburan hingga pusat perbelanjaan.

"Pelaksanaannya tanggal 31 Desember malam hari pukul 22.00 sampai dengan tanggal 1 Januari pukul 04.00 WIB," ungkapnya.

Setidaknya, ada 10 kawasan yang bakal ditutup saat libur Tahun Baru 2022. Antara lain, Sudirman-Thamrin, Kemang, Bulungan-Barito, Senopati-Gunawarman-SCBD, Asia-Afrika, Kota Tua.

Selanjutnya, kawasan Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading, dan kawasan Monas. Penutupan di kawasan Monas dilakukan di seluruh Jalan Medan Merdeka, baik Utara, Barat, Timur, dan Selatan.