Dinilai Membantu, Wagub DKI Buka Peluang <i>Crowd Free Night</i> Diperluas
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengatakan pihaknya membuka peluang penerapan crowd free night (CFN) di Jakarta akan diperluas ke sejumlah titik.

Riza mengungkapkan, potensi perluasan CFN ini dipertimbangkan karena terbukti mengurangi adanya kerumunan di ruang publik pada malam hari. Sehingga, dapat menekan penyebaran COVID-19.

"Sejauh ini sudah sangat membantu ya. Nanti kita akan lihat beberapa hari ke kepan apakah perlu ditambah lagi koridornnya atau justru dipertahankan atau dikurangin," kata Riza di Balai Kota DKI, Selasa, 8 Februari.

Politikus Partai Gerindra ini menyebut, rencana perluasan CFN masih dalam pembahasan bersama Polda Metro Jaya.

"Kita lihat nanti beberapa hari ke depan. Ini kan baru. Usul dari pak Kapolda sangat baik terkait CFN yang saat tahun baru. Dua tahun lalu juga kita berlakukan," ungkap Riza.

Diketahui, giat crowd free night digelar mulai pukul 00.00 hingga 04.00 WIB. Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut ada 10 titik penerapan CFN. Skema itu akan diterapkan setiap hari.

"Yang biasanya yang malam Sabtu dan malam Minggu itu hanya ada di Sudirman Thamrin, mulai tadi malam kita laksanakan di 10 titik dan setiap malam," kata Sambodo.

Berikut ini, 10 titik penerapan Car Free Night:

1. Sudirman

2. MH Thamrin

3. Asia Afrika

4. Ginawarman - Senopati - Suryo

5. SCBD

6. Kawasan Monas seluruh Medan Merdeka

7. Kawasan Kota Tua

8. Kawasan Pantai Indah Kapuk

9. Kawasan Sunter

10. Banjir Kanal Timur