Libur Natal-Tahun Baru, Jakarta Bakal Dibuat Sepi
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal membuat wilayah Jakarta sepi saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Caranya, dengan menerapkan kebijakan Crowd Free Night.

"Untuk persiapan malam Natal dan tahun baru rencana kami adakan crowd free night. Kami akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru walaupun saat ini sudah PPKM level 1," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa, 30 November.

Dalam skema crowd free night, tak hanya ruas jalan protokol yang bakal diterapkan. Sebab, beberapa tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya juga akan diberlakukan skema tersebut.

Alasannya, tempat wisata kerap menjadi target masyarakat untuk menghabiskan waktu pergantian tahun.

"Tidak hanya Sudirman-Thamrin tapi tempat-tempat yang sering diadakan tahun baru juga kami adakan crowd free night seperti Ancol, Taman Mini, Kota Tua, Kemayoran, Kemang, Barito, BKT. Lokasi-lokasi yang sering jadi perayaan pergantian tahun akan kami laksanakan crowd free night," papar Sambodo.

Meski demikian, Sambodo belum bisa merinci jumlah dan titik yang diterapkan crowd free night secara merinci. Tapi, dikatakan, skema itu berlangsung sejak pukul 19.00 hingga 04.00 WIB pada 31 Desember.

"(Titik crowd free night) Tunggu masukan kasatlantas dan intelijen," kata Sambodo.


Sementara untuk pengamanan Natal, lanjut Sambodo, tidak diberlakukan penyekatan. Tetapi, bakal ada pos pemeriksaan atau cek poin.

Hanya perihal syarat yang akan dicek oleh petugas sampai saat ini belum bisa disampaikan. Sebab, hal itu masih menunggu keputusan dari pemerintah.

"Tapi apa yang kami cek, kami tunggu pemerintah, apakah SIKM atau cukup dengan Peduli Lindungi atau tempel stiker detail akan kami sampaikan jelang tanggal 24 Desember saat dimulai operasi lilin," tandas Sambodo.