Anies Baswedan Sebut 11 Juta Masyarakat Bakal Bermobilisasi Saat Natal dan Tahun Baru
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rizky Aditya Pramana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut 11 Juta masyarakat bakal melakukan mobilisasi saat libut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Angka tersebut berdasarkan perhitungan dari Kementerian Perhubungan.

Pernyataan Anies itu membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin gelar pasukan dalam Operasi Lilin Jaya 2021 di Polda Metro Jaya, Kamis, 23 Desember.

"Berdasarkan data Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, diprediksi sekitar 11 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas selama periode liburan Nataru," ujar Anies.

Sehingga, mobilitas masyarakat itu dikhawatirkan dapat menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya, penyebaran COVID-19.

"Berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas dan Kanseltib karlantas, serta penyebaran pandemi COVID-19," kata Anies.

Karena itu, Operasi Lilin Jaya 2021 penting untuk dilakukan. Petugas gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal menekan mobilitas masyarakat.

Menambahkan, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan untuk menekan mobilitas masyarakat saat Natal dan Tahun Baru, pihaknya akan mendirikan pos pelayanan di beberapa titik.

Nantinya, petugas yang berjaga di pos itu akan mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dan bermobilitas.

"Kemudian kita akan membuat pos-pos pelayanan di titik-titik pusat keramaian, mal, gereja dan sebagainya," kata Sambodo.

Sementara untuk mencegah mobilitas saat Tahun Baru 2022, lanjut Sambodo, pihaknya akan menerapkan skema Crowd Free Night (CFN).

Skema ini akan menutup kawasan-kawasan yang berpotensi menjadi lokasi berkumpul masyarakat. Semisal, tempat hiburan hingga pusat perbelanjaan.

"Pelaksaanannya tanggal 31 Desember malam hari pukul 22.00 sampai dengan tanggal 1 Januari pukul 04.00 WIB," ungkapnya.

Setidaknya, ada 10 kawasan yang bakal ditutup saat libur Tahun Baru 2022. Antara lain, Sudirman-Thamrin, Kemang, Bulungan-Barito, Senopati-Gunawarman-SCBD, Asia-Afrika, Kota Tua.

Selanjutnya, kawasan Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading, dan kawasan Monas. Penutupan di kawasan Monas dilakukan di seluruh Jalan Medan Merdeka, baik Utara, Barat, Timur, dan Selatan.