Angka COVID-19 Naik di Jakarta, Kapolda Metro Soroti Kebiasaan Anak Muda Suka <i>Nongkrong</i>
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut peningkatan kasus positif COVID-19 di Jakarta disebabkan berbagai hal. Salah satunya, kebiasaan anak-anak muda yang suka berkumpul.

"Kita sudah melakukan pengendalian terhadap kerumunan setelah melihat data harian. Memang yang nongkrong-nongkrong ini kan kebanyakan anak muda dan kasus harian berdasarkan umur memang kebanyakan anak muda," ujar Irjen Fadil kepada wartawan, Senin, 7 Februari.

Dengan diketahuinya salah satu penyebab peningkatan kasus itu, lanjut Fadil, pihaknya akan melakukan langkah-langkah pencegahan dengan menerapkan Crowd Free Night (CFN).

Skema ini dianggap paling cocok. Sebab, dapat mencegah adanya kerumunan terutama para anak-anak muda.

"Sehingga untuk melakukan langkah-langkah pencegahan kita melakukan crowd free night," kata Fadil

Selain itu, skema CFN akan diberlakukan hingga terjadi penurunan kasus COVID-19. Di mana, diketahui Jakarta telah masuk PPKM Level 3.

"Sampai melandai (penerapan CFN, red)," kata kata Fadil.

Sementara itu Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut ada 10 titik penerapan CFN. Skema itu akan diterapkan setiap hari.

"Yang biasanya yang malam Sabtu dan malam Minggu itu hanya ada di Sudirman Thamrin, mulai tadi malam kita laksanakan di 10 titik dan setiap malam," kata Sambodo.

Berikut ini, 10 titik penerapan Car Free Night ;

1. Sudirman

2. MH Thamrin

3. Asia Afrika

4. Ginawarman - Senopati - Suryo

5. SCBD

6. Kawasan Monas seluruh Medan Merdeka

7. Kawasan Kota Tua,

8. Kawasan Pantai Indah Kapuk,

9. Kawasan Sunter, dan

10. Banjir Kanal Timur.