Bermunculan Relawan Dukung Anies Nyapres di Tahun Terakhir Jabatan Gubernur DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Dua bulan lalu, sekelompok masyarakat mengatasnamakan Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) muncul ke publik. Mereka menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden tepat setahun terakhir jelang habis masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI.

Pada 20 Oktober, deklarasi Relawan ANIES digaungkan di Jakarta. Mereka sepakat menilai Anies memiliki sejumlah prestasi sejak menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hingga memimpin Ibu Kota.

"Kami membentuk komunitas yang kami sebut ANIES mendukung penuh Bapak Anies Rasyid Baswedan maju sebagai Presiden 2024-2029," kata Koordinator ANIES La Ode Basir dalam kegiatan Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024.

Setelah itu, aksi deklarasi relawan lain menggaungkan Anies maju dalam kontestasi politik mulai bermunculan. Pada 28 Desember lalu, puluhan relawan perempuan Aliansi Wanita Pendukung Anies (AWPA) Sumatera Utara (Sumut) mendeklarasikan dukungan Anies menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

"Kami mendukung sepenuh hati Bapak Anies Rasyid Baswedan menjadi calon Presiden Republik Indonesia di Pilpres 2024," ujar Ketua Umum AWPA Sumut, Beby Kartika.

Selanjutnya, pada 29 November, pendukung Anies Baswedan di Jawa Barat menyiapkan 2.500 kader dari kalangan milenial yang tergabung dalam Gerakan Bersama Anies Kami Siap (Beraksi) untuk mendukung maju dalam Pilpres 2024.

Koordinator Harian Beraksi Jabar Tonny F. menyebut pendukung Anies Baswedan di Jawa Barat ini menyiapkan 2.500 kader dari kalangan milenial yang tergabung dalam Beraksi.


Tonny menuturkan relawan inti Beraksi akan membantu para pemilih pemula dan milenial mengenali sosok Anies dalam kiprahnya membangun kepemimpinan untuk selanjutnya yakin dalam menghadapi Pemilu 2024, mensosialisasikan calon presiden Anies Baswedan, dan membentuk jaringan sampai satuan wilayah terkecil.

"Sudah saatnya ada presiden yang mengajak memberikan ruang yang besar bagi kalangan menengah ke bawah agar ikut membangun dan mengarahkan ekonomi Indonesia yang berkerakyatan," kata Tonny.

Kemudian, pada Minggu, 12 Desember, ratusan orang atas nama relawan Sobat Anies juga mendeklarasikan akan mendukung Anies bertandang dalam pilpres yang akan digelar tiga tahun mendatang tersebut.