Gubernur Lukas Enembe Minta Kepala Daerah di Papua Pelototi Efektivitas Anggaran, Jangan Boros
Gubernur Papua Lukas Enembe (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

Bagikan:

PAPUA - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepala daerah di wilayahnya untuk pelototi efektifitas kegiatan dan anggaran secara berkala, baik secara  bulanan atau triwulan.

"Hal ini untuk meyakini semua program kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah berjalan maksimal serta terus melakukan perbaikan," kata Lukas di Jayapura dilansir dari Antara, Rabu, 8 Desember.

Menurut Lukas, kepala daerah juga diminta memperbaiki koordinasi dan sinergitas, antara kementerian atau lembaga, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dan daerah. Tujuannya, terang Lukas, agar target output kegiatan pembangunan dapat dicapai dengan efektif juga efisien.

"Kepala daerah juga harus memastikan alokasi anggaran difokuskan pada kegiatan utama, yang langsung dirasakan masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan kepala daerah juga diminta melakukan pembatasan dan penghematan-penghematan belanja-belanja pendukung seperti biaya rapat, perjalanan dinas serta honorarium.

"Kepala daerah diminta menghilangkan penyalahgunaan anggaran, baik dalam bentuk pemborosan, markup, maupun perbuatan menyimpang lainnya," ujarnya.

Dia menambahkan pimpinan instansi misalnya, harus ikut serta dalam melakukan pengawasan serta mengoptimalkan dukungan aparat pengawas intern di masing-masing kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

"Kepala daerah sebaiknya melakukan sosialisasi dan komunikasi kepada publik mengenai kegiatan, anggaran dan hasil-hasil output yang dicapai, sehingga masyarakat mendapatkan informasi utuh serta benar mengenai program kerja pemerintah juga hasilnya," katanya.