Indonesia Butuh Local Hero, Bamsoet Akui Tengah Rayu Sean Gelael Ikuti Formula E 2022
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberi dukungan untuk penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) yang akan digelar pada 4 Juni 2022.

Ketua MPR yang juga Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengingatkan gelaran tersebut tidak dilakukan di kawasan Monas dan Gelora Bung Karno (GBK).

Menurutnya, ada lima lokasi strategis yang bisa jadi alternatif. Diantaranya, Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), serta kawasan Ancol.

"Saya mendengar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah meminta waktu kepada Presiden Joko Widodo bersama Alberto Longo sebagai Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations (FEO), untuk meminta arahan dan pendapat terkait lokasi mana yang paling tepat untuk dijadikan sirkuit. Presiden Joko Widodo yang nanti akan memutuskan," ujar Bamsoet, Kamis, 25 November.

Untuk diketahui, balapan Formula E pada musim ke-8 akan diadakan di kota-kota ikonik dunia. Antara lain New York, London, Monaco, Berlin, Diriyah Saudi Arabia, Roma dan Seoul. Sedangkan pada tahun 2022 Jakarta E-Prix 2022 akan menjadi gelaran balap pertama dari tiga balapan Formula E sepanjang tahun 2022.

Bamsoet berharap, ajang Jakarta E-Prix 2022 mampu meningkatkan sektor pariwisata dan sport automotive tourism di Indonesia.

"Saya optimistis akan banyak penggemar otomotif dunia yang hadir ke Indonesia, serta disiarkan lebih dari 150 televisi dunia dan disaksikan minimal lebih dari 1,8 miliar penonton seperti balap motor internasional kemaren di Mandalika," kata Bamsoet.

Disamping itu, Bamsoet menilai, dalam ajang Formula E diperlukan adanya local hero. Karena itu, politikus Golkar itu mengaku tengah membujuk Sean Gelael agar mau berlaga di Formula E.

Apalagi, kata dia, Sean telah membuktikan diri mampu menjadi juara dua dunia FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers.

"Tentu kurang afdol dan kurang lengkap apabila dalam event balap dunia tidak ada local hero. Saya masih merayu Sean dan ayahnya Ricardo Gelael untuk mau ikut ambil bagian dalam balap mobil dunia elektrik Formula E atau Jakarta E-Prix 2022," pungkas Bamsoet.