Sederet Prestasi Sean Gelael, Pebalap Muda Indonesia yang Tampil Bersama Valentino Rossi
Pebalap Indonesia, Sean Gelael. (Foto: Dok. Tim Jagonya Ayam)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nama Sean Gelael tengah menjadi perbincangan masyarakat Indonesia setelah berhasil tampil gemilang dalam ajang balapan 24H Dubai di Dubai Autodrome, Uni Emirat Arab, pada awal tahun 2023. Sebelum ini, prestasi Sean Gelael sendiri sudah cukup banyak. Ia menjadi pebalap muda Indonesia yang punya sederet prestasi tingkat internasional.

Dalam ajang 24H Dubai, Sean Gelael berhasil meraih podium ketiga. Sean tergabung dalam satu tim dengan Valentino Rossi. Keduanya bahkan tampak akrab saat naik podium bersama rekan lainnya satu tim. Sean dan legenda balap MotoGP tersebut sama-sama menyetir mobil BMW M4 GT3 nomor #46. 

Pencapaian Sean tersebut telah membuat masyarakat Indonesia bangga. Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet), turut mengapresiasi penampilan Sean. Bamsoet mengatakan bahwa Sean telah menunjukkan kualitasnya bersama pebalap papan atas dengan julukan The Doctor. 

Prestasi Sean Gelael 

Sean Gelael memang telah mengumpulkan sejumlah prestasi tingkat internasional dalam kariernya sebagai pebalap. Berikut beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Sean Gelael. 

Third Place at Endurance Racing 6 Hours of Spa Francorchamps 2022

Pada tahun 2022, Sean Gelael pernah memenangkan ajang balap mobil ketahanan Endurance Racing 6 Hours of Spa Francorchamps. Sean berhasil menempati urutan ketiga. Sean naik ke podium bersama rekannya pemenang kelas tertinggi Hypercar, yaitu tim Toyota Gazoo Racing dan peringkat kedua tim Alpin. 

Runner Up at FIA World Endurance Championship 2021

Sean juga pernah meraih prestasi membanggakan pada tahun 2021 saat tampil di ajang balap FIA World Endurance Championship 2021. Sean berhasil menempati posisi kedua di klasemen LMP2 di musim perdananya bersama tim asal Inggris, yaitu JOTA. 

Third Place at European Le Mans Series Endurance Racing 2021

Sean juga pernah meraih prestasi gemilang saat tampil bersama JOTA sport di ajang European Le Mans Series Endurance Racing. Dalam ajang balapan yang digelar di Monza tersebut, Sean bersama pembalap Malaysia Jazeman Jaafar berhasil menduduki urutan ketiga. 

Runner Up at GP2 Series (FIA Formula 2 Championship) 2016

Sean bahkan sudah menorehkan prestasi gemilang pada tahun 2016 dalam ajang GP2 Series di Catalunya. Sean tampil bersama Mitch Evan berhasil finis di urutan 19 dalam feature race setelah start di posisi 22 grid. Sean memboyong podium pertamanya di Red Bull Ring dengan menempati posisi kedua belakang rekan setimnya. 

Third Place In Second Race at British Formula 3 Championship 2013

Mundur jauh pada tahun 2013, Sean sudah tampil luar biasa di ajang internasional. Bersama Antonio Giovinazzi, Sean Gelael tampil di Seri Internasional Formula 3 Inggris. Sean berhasil meraih podium pertamanya di Silverstone dengan finis di urutan ketiga. 

Profil Sean Gelael

Banyak masyarakat yang penasaran dengan sosok Sean Gelael. Tidak banyak pebalap Indonesia yang sukses berkarier di kancah internasional seperti dirinya. 

Sean Gelael memiliki nama lengkap Muhammad Sean Ricardo Gelael. Ia merupakan putra dari pasangan Ricardo Gelael dan Rini S. Bono. Sean lahir di Jakarta pada 1 November 1996. 

Ayah dan ibu Sean Gelael merupakan pebalap senior Indonesia. Ketertarikan Sean di dunia balap pun berasal dari keluarganya. Keluarga Sean juga mempunyai bisnis yang cukup tersohor. Kakek Sean, Dick Gelael, adalah orang yang pertama kali mendirikan brand ayam goreng KFC. Ayah Sean saat ini menjadi direktur utama KFC. 

Sean memulai kariernya di dunia balap sejak 2005 dalam kejuaraan nasional. Sean kemudian mengikuti jejak sang ayahnya menjadi pebalap JOTA Sport di ajang FIA World Endurance Championship. 

Demikianlah informasi sederet prestasi Sean Gelael sebagai pebalap muda yang berprestasi. Sejak muda, Sean telah mengharumkan nama bangka dengan segudang prestasinya di kancah internasional. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.