Gerindra Sebut Jokowi Dukung Formula E
M Taufik/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Mohamad Taufik memandang Presiden Joko Widodo mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar Formula E di Jakarta.

Hal ini, kata Taufik, tampak pada pernyataan Ketua MPR Bambang Soesatyo yang menyebut Jokowi menantang pebalap Sean Gelael untuk ikut bertanding dalam ajang Formula E.

"Pak Presiden sudah nantang Sean Gelael untuk ikut Formula E. Artinya, statement itu kan menunjukkan persetujuan karena ini kan kegiatan internasional," kata Taufik di Gedung DPRD DKI, Senin, 15 November.

Dengan begitu, Taufik menyebut usulan hak interpelasi yang diajukan Fraksi PSI dan PDIP DPRD DKI mengenai Formula E sudah tidak perlu dilakukan lagi.

"Saya kira interpelasi sudah enggak relevan. Dengan (Jokowi) menentang itu kan berarti menyetujui adanya program (Formula E) itu," tutur Taufik.

Karenanya, Taufik optimistis ajang balap mobil listrik itu bisa digelar tahun depan tanpa ada halangan. Insyaallah (Formula E) berjalan. (World Superbike dan MotoGP) Mandalika saja jalan, masa Formula E tidak," lanjut dia.

Sebelumnya, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan bahwa Presiden Jokowi berharap agar pebalap asal Indonesia bisa ikut dalam penyelenggaraan Formula E. Ia menantang Sean Gelael yang baru saja mendapat peringkat runner up FIA World Endurance Championship 2021 untuk berlaga di kejuaraan Formula E.

"Sebuah tantangan sekaligus peluang bagi Sean untuk bisa kembali mengharumkan nama bangsa melalui Formula E. Sehingga bisa semakin memberikan motivasi kepada generasi muda bangsa agar tidak takut menekuni dunia olahraga balap otomotif," ungkap Bamsoet dalam keterangannya, Jumat, 13 November.

Bamsoet juga mendukung usulan Jokowi agar Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa dikembangkan untuk menggelar kejuaraan bergengsi Formula-1.

"Dengan dukungan kuat dari pemerintahan Presiden Jokowi, rasanya mimpi menghadirkan Formula-1 ke Indonesia bisa segera terwujud di Pertamina Mandalika International Street Circuit," ucap Bamsoet.