Biar Turun Level PPKM, Kudus Targetkan 60 Persen Vaksin COVID untuk Lansia Hingga Akhir 2021
Vaksinasi COVID-19 terhadpa kelompok lansia di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA)

Bagikan:

KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan hingga akhir tahun 2021 mampu memvaksin 60 persen warga kategori lanjut usia (lansia). Target ini agar Kudus bisa turun dari status PPKM Level 3 ke-2.

"Alhamdulillah saat ini Kabupaten Kudus berhasil mencapai target vaksinasi untuk dosis pertama sebesar 40 persen, sedangkan akhir tahun ini mudah-mudahan bisa meningkat menjadi 60 persen," kata Bupati Hartopo di Kudus, dilansir dari Antara, Senin, 15 November.

Hartopo optimistis, kotanya bisa turun level ke 2. Dalam penetapan level PPKM, kata dia, memang tidak melulu diukur melalui cakupan vaksinasi COVID-19 untuk lansia, melainkan faktor mobilitas penduduknya. Akan tetapi, vaksinasi lansia tetap menjadi pertimbangan utama naik level.

Sementara itu untuk pasokan vaksin di Kudus mencapai 43.000 dosis. Hartopo menyebutkan, dengan jumlah iin maka target 60 persen vaksin lansia hingga akhir tahun dapat tercapai. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo membenarkan bahwa capaian vaksinasi lansia untuk dosis pertama sesuai data lapangan sudah mencapai 40 persen, sedangkan sasaran selanjutnya memburu target akhir tahun bisa mencapai 60 persen.

"Jika tidak ada kendala, tentunya Kabupaten Kudus bisa mencapai PPKM level satu karena untuk penanganan pasien maupun kasus COVID-19 serta vaksinasi sudah memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah. Terkecuali untuk mobilitas masyarakat memang susah," ujarnya.

Pasalnya, kata dia, masyarakat di Kabupaten Kudus mayoritas bekerja di bidang perdagangan serta industri, sehingga mobilitasnya cukup tinggi.