Sempat Level 2 karena Beda Data Vaksinasi Lansia, Kepri Kembali ke PPKM Level 1
Gubernur Kepri Ansar Ahmad/ANTARA

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali ke PPKM level satu berdasarkan hasil asesmen Kementerian Kesehatan per tanggal 8 November 2021.

Selain itu, seluruh kabupaten/kota setempat juga sudah masuk ke PPKM level satu. "Alhamdulillah, tujuh kabupaten/kota berada di level satu," ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang dikutip Antara, Selasa, 9 November.

Menurut dia ada beberapa indikator pemberlakuan PPKM level satu di daerah itu, antara lain capaian vaksinasi untuk dosis pertama sudah 90 persen dan dosis kedua sudah 70 persen.

Selain itu, untuk capaian vaksinasi lansia sudah di angka 60 persen lebih.

"Kepri sempat naik ke PPKM level dua, karena terjadi perbedaan data vaksinasi lansia di daerah dan pusat," ungkap Ansar.

Sementara itu, perkembangan kasus COVID-19 hingga 8 November 2021, untuk kasus aktif tersisa 23 orang.

Ada pun tingkat keterisian rumah sakit COVID-19 hanya 1,57 persen dan positivity rate 0,06 persen.

"Penurunan kasus COVID-19 ini berkat kerja sama semua pihak," ucapnya.

Pemprov Kepri saat ini terus menggenjot cakupan vaksinasi kepada masyarakat yang belum mendapat suntik vaksin.

Satgas COVID-19 bekerja sama dengan berbagai instansi seperti TNI-Polri gencar jemput bola melakukan vaksinasi secara door to door demi mengejar target 100 persen.

"Vaksinasi akan membentuk kekebalan komunal, salah satunya bertujuan mencegah potensi gelombang ketiga COVID-19 saat libur akhir tahun," ujar Ansar.

Pemerintah pusat telah mengumumkan PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali diperpanjang lagi terhitung sejak 8 hingga 22 November 2021.